04 Januari, 2008

Perlunya REM yang pakem

Variasi REM Cakram depan YAMAHA F1ZR

Selama pakai motor kesayangankuYamaha Force One tentunya, remnya kurang puas aku, sebab kurang greget, motorku sendiri aku coba korek knalpotnya, jadi larinya lumayanlah pernah aku tes sampai 140Km/jam itu belum mentok gasnya men, takutnya nyungsep. terus rem belakang juga kurang gigit, ya sudah akhirnya aku putusin ganti piringan cakram depan, walhasil ini dia hasilnya


sekarang pakemnya muantep, tongkrongannya juga sangar juga kan men?? waktu itu aku beli Rp.180.000,-. ada juga sich yang harganya 80 ribu cuma kata penjualnya serem, mending mahalan dikit tapi kwalitas mumpuni, ya sutra akhirnya jatuh ke pilihan yang 180ribuan. kalau teman-teman minat banyak kok bengkel-bengkel yang menjual variasi seperti itu, aku beli di bengkel Ciledug dekat radio mercy FM. teman-teman mau coba juga?? mantep lho, rencana sich pingin ganti juga rem cakram belakang biar yahut juga. ntar kalau jadi ganti cakram belakang, aku bagi-bagi ceritanya ya.. daaaa

Jangan sepelakan Rantai Motor anda !

Gara-gara ceroboh (tidak cek rantai)


Hari rabu 3 Januari 2008, ya hari itu sangat menyebalkan, tepatnya jam 6 sore, aku buru-buru pulang kantor maksud hati ingin ke kampus lebih awal, maklum masih nuansa tahun baru biar lebih semangat, lah baru jalan 100 meteran tiba-tiba motor mendadak berhenti, mesin masih menyala tapi kok kenapa motorku tiba-tiba berhenti tanpa sebab pikirku, lalu aku coba masukin gigi sampe top gear tapi kok motor gak mau jalan juga, aku piker slip kopling, matek aku bingung jadinya udah mau buru-buru motor malah ngadat, ndak taunya rantainya putus… walah akhirnya aku dorong motor cari bengkel terdekat, nah pas di jalan ketemu temen, berry namanya akhirnya aku dibantu di dorong sampek ketemu bengkel, dan si berry pun langsung pulang gak nungguin aku, nah sampai bengkel aku minta tolong sama mekaniknya ndak taunya mekaniknya gak ada.. weleh apes bener, aku dorong lagi sembari tolah-toleh nyari bengkel, akhirnya nyerah juga aku, aku putusin telpon temen minta tolong dorong motor aku sekalian nyari bengkel, akhirnyatemenku datang juga walhasil aku dapet itu bengkel, otak-atik nyambung rantai akhirnya bisa juga, Alhamdulillah bisa jalan juga motorku, akhirnya aku ucapin makasih buanyak ama temenku tadi.. pas jalan pelan-pelan maklum macet, ee` tiba-tiba rantaiku putus lagi, bener-bener apes mana gak ada duit, di dompetpun tinggal tiga ribu, lalu aku minta toolong lagi sama temen untuk dorong lagi, dan Alhamdulillah gak jauh dari situ ada bengkel lalu aku mampir ke bengkel, atas saran mekanik suruh ganti rantai aja, ya sudah dari pada putus-putus lagi, weleh 60 ribu melayang juga (tapi pinjem temen itu duit). Jam 7 malem udah lewat tapi motor belum beres juga nah pas jam setengah delapan baru kelar itu motor, tapi konsekuensinya tidak jadi ke kampus dech. Setelah selesai aku langsung pulan, pas sampai Bintaro ucluk-ucluk (bahasa jawa) rantaiku putus lagi, wadoooww seperti ketiban durian kepala ini rasanya, apa salahku kok ada ujian sore ini di awal tahun baru lagi, ya sudah akhirnya dorong-dorong lagi, karena merasa capek banget ya lagi-lagi teman yang harus direpotkan, aku hubungi teman yang rumahnya dekat-dekat Bintaro, eh dlalah (bahasa jawa juga) Handphone CDMAku batterainya habis, ya wis aku pakai yang GSM “Ya Allah” batterainya juga low bat, aku coba pakai peruntungan , aku coba calling temenku Alhamdulillah bisa juga akhirnya hubungi dia, setelah selasai ngobrol “mak pet” habis batterainya.. ya sudah akhirnya sesuai kesepakatan untuk ketemuan di perempatan perumahan Bintaro, dan setelah dibantuin dorong akhiirnya aku menemukan juga bengkel motor, setelah cerita kejadiannya kepada menkanik, sang mekanik langsung berkomentar “ sampeyan ganti rantai barupun kalau GIR belakang tidak di gantai rantai pasti akan putus terus, karena GIR belakang sudah aus/lancip, jadi rantai tidak ngeplak ke gigi GIR nya” kata sang mekanik, ya sudah aku putuskan untuk sambung rantai saja dulu yang penting aku sampai rumah dulu, pingin istirahat yang uenak, capek dorong-dorong motor, awal tahun baru yang membuat tubuh sehat ha..ha.ha habisnya dorong motor sampai 2 kilo kale. hikmah yang aku ambil dari kejadian ini lumayan banyak :

Tip dan trik merawat rantai dan GIR :

Belilah rantai dan GIR yang orisil kalau kemahalan usahakan tidak murah-murah banget, terus setel kekendoran rantai sesuai dengan ukuran biasanya 2,5 Cm, biar rantai awet jangan dikasih Oli pakailah pelumas rantai harganya kira-kira Rp.25.000,- kita tinggal semprotkan saja ke Rantai, dan rantaipun tidak kotor, kalau pakai Oli endapan rantai itu akan berubah kental dan kalau kering akan membuat rantai cepet tua /keras. Kalau rantai keras pasti efeknya GIR juga cepet kemakan (aus) jadi ya gitu dech…. Semoga bermanfaat.

Larangan motor 2 tak

Benarkah motor 2 tak tidak diperbolehkan lagi ?


Adanya isu tidak diperbolehkannya motor 2Tak diproduksi lagi tidaklah benar, semua ini hanyalah opini dari publik yang seolah-olah motor 2Tak dilarang. Atau mungkin juga kesalahpahaman dari kalangan media yang kemudian diangkat menjadi berita. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh merek-merek tertentu untuk mendiskreditkan motor 2Tak.

Sebenarnya tidak ada keputusan dari instansi manapun yang melarang motor 2Tak, yang ada hanyalah peraturan Kandungan Gas Buang. Peraturan Kandungan Gas Buang tersebut juga termasuk untuk seluruh jenis mesin dan jenis kendaraan, bukan hanya jenis mesin 2Tak saja. Semua yang diatur ini adalah kendaraan baru dan kendaraan yang sedang diproduksi sesuai dengan Peraturan Menteri KLH no 141 Tahun 2003, tegas Bambang Asmarabudi, General Manager Promotion PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) kepada otogenik.com di Jakarta, Rabu (4/5).

Dengan adanya opini tersebut, lanjut Bambang, memang agak mempengaruhi penjualan Yamaha khususnya motor 2Tak. Namun, YMKI sendiri sudah mencari solusi pemecahannya diantaranya dari sisi produk, Yamaha sedang mengembangkan motor 2Tak yang ramah lingkungan. Dimana kandungan gas buangnya akan sesuai dengan Permen KLH No 141 yang mengacu kepada standar EURO 2, ungkap Bambang.

Sementara itu, penjualan motor Yamaha hingga bulan April �05 mengalami peningkatan sebesar 31% dibandingkan tahun lalu. Dimana penjualan Yamaha kepada konsumen hingga akhir bulan April sebesar 87 ribu unit, sedangkan tahun 2004 lalu hanya terjual sekitar 60.030 unit.

Untuk penjualan terbanyak, tipe Jupiter Z dan Vega R yang paling diminati masyarakat, yang kemungkinan persentasenya sekitar 70%. Disusul dengan motor sport seperti Yamaha King dan Scorpion penjualannya sekitar 30%.

Dengan hasil yang dicapai hingga akhir bulan April, kami berhasil menempati peringkat kedua dengan penjualan 22% dari market share. Kami harapkan, dengah hasil yang dicapai ini, dapat kami pertahankan hingga akhir tahun 2005. Agar hasil ini sesuai dengan moto yang kami canangkan yaitu selalu terdepan, tambah Bambang

sumber: otogenik.com