29 Juni, 2010

Merawat rantai motor


Berbagi tips merawat rantai motor


Tips sederhana ini kalau disepelekan bisa fatal akibatnya, mungkin kita sering menyepelekan yang namanya rantai, Rantai sepeda motor tidak terlepas dalam aktifitas berkendaraan, karena mempunyai fungsi dan peran sangat penting yaitu memindahkan tenaga dari mesin ke roda kendaraan. Pengecekan & pemeliharaan yang salah dapat merusak dan mengurangi kemampuan sepeda motor Anda, bahkan dapat membahayakan perjalanan Anda. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya Bersihkan rantai dari debu dan kotoran. Umumnya debu dan kotoran melekat pada rantai akibat penggunaan pelumas yang salah. Oli dan gemuk tidak disarankan untuk digunakan pada rantai karena mengundang debu dan kotoran. Hal ini yang mempercepat keausan/rusak pada rantai dan berpengaruh terhadap kekuatan rantai motor yang dapat mengakibatkan kecelakaan. 


Sebaiknya pergunakan pembersih yang dikhususkan untuk rantai, di pasaran sekarang banyak banget macam jenis chain  cleaner karena sifat chain cleaner ini mampu membersihkan rantai dari debu, kotoran, oli, gemuk dan karat yang menempel pada rantai. Chain Cleaner mempunyai daya bersih yang kuat & mengandung PTFE yang membantu cairan masuk sampai sudut terdalam rantai sehingga rantai bersih seperti baru kembali. Dan juga PTFE tahan terhadap panas tinggi akibat gesekan rantai, jadi rantai tidak mudah aus. Rantai bersih dan suara berisik hilang. Cara penggunaanya pun sangat mudah tinggal di semprotkan ke pin rantai serta permukaan gir lalu lap dan keringkan..   



untuk info harga chain cleaner ini berkisar 15 ribu hingga 65 ribu..




Sumber : chain-wax.com  & berbagai sumber

16 Juni, 2010

Tunneling Karburator F1ZR standart

Menurut Didi Nurhadi sang tuner yang sekaligus juragan bengkel D2M Hasil Kebon di kawasan Kalimalang, Jakarta Timur ini, kaburator Yamaha F1ZR masih cukup mumpuni untuk menghasilkan lari dan akselerasi F1ZR jadi lebih enteng. Masalahnya banyak juga dari kalangan bikers yang pingin F1ZR nya bisa lari lebih enteng, ngatasinnya dengan mengganti karburator bawaan dengan produk aftermarket.


“Kalau untuk harian dan mesin masih standar, kaburator bawaan F1ZR jangan pernah diganti. Karena kaburator standarnya masih cukup mumpuni kok. Jadi gak perlu diganti,” ungkap Didi.

Karburatornya masih menggunakan bawaannya F1ZR, tapi masih gak ada larinya, gimana yaa?

Untuk urusan yang satu ini, Didi punya cara tersendiri ngatasin masalah F1ZR yang mulai gak enak diajak bermanuver dan berakselerasi. Langkahnya adalah naikan kompresi motornya dengan melepas paking head dan taikin pilot jet antara 28 sampai 35 serta tak ketinggalan rubah timingnya juga.



“Untuk harian mesin standar, cukup lepas paking headnya aja dan langsung lem, gw jamin gak bocor. Hal ini buat naikin kompresi mesin,” jelas juragan D2M Hasil Kebon.



“Selain itu, naikin pilot jet serta rubah timingnya, maksimal 5 drajad aja. Kalau cuma ngejar enteng dan enak dibawa lari gunain aja pilot jet dibawah 30, tapi semua tergantung pada karakter yang bawa, karena feeling setiap orang itu beda-beda, jadi kudu dapetin seting yang pas,” jelas putra Betawi Kalimalang ini.


sumber : http://gilamotor.com/2010/04/karburator-f1zr-cukup-mumpuni/comment-page-1

10 Juni, 2010

Pengalaman ganti Oli Mesin


Ini hanya sekedar sharing pengalaman aja buat bro force one mania, selama ini ane coba analisa pemakaian oli mesin untuk motor Yamaha F1ZR tapi berdasarkan pemakaian ane sendiri lho ya? Bulan yang lalu ane pakai oli mesin yamalube 4T, 
beberapa hari ane mencoba mengamati kinerja oli mesin Yamalube di mesin F1ZR. Yang ane dapat untuk mesin ;
      1.       Suara mesin sedikit halus
      2.       Pagi hari mesin gampang dihidupkan
      3.       Mesin tidak gampang panas
      4.       Tarikan sedikit berat dan mrebet



Karena merasa tarikan kurang yahud akhirnya ane coba pindah kelain hati yaitu Pertamina Enduro 4T, beberapa hari juga coba ane amati, yang ane dapat untuk mesin ;
1.       Suara sedikit kasar
2.       Tarikan sangat enteng
3.       Mesin tidak cepat panas
4.       Pagi mesin susah dihidupkan harus sedikit betot gas atau tarik chuck
Oli mesin Enduro 4T ini untuk kinerja mesin sangat responsif tapi sayangnya jika pagi hari mesin susah hidup. Entah kenapa bisa begitu apakah kadar viskositasnya yang kurang sesuai dengan mesin Yamaha F1ZR atau apalah, padahal sewaktu pakai Yamalube 4T mesin dipagi hari gampang banget hidup, Cuma kekurangan oli Yamalube 4T ini tarikannya sangat berat. Itu pengalaman pemakaian oli mesin di motor f1ZR ane, nanti kalau jadi ganti oli ke Agip 4T coba ane share lagi disini.