Lanjut lagi mas bro untuk mengenal lebih dekat lagi njeroan
motor kesayangan kita Yamaha F1ZR alias motor 2 stroke (2 tak), artikel ini
bersumber dari motomodif-world.blogspot.com. semoga bertambah lagi wawasan atau
pengetahuan tentang mesin 2 tak. Kalau sudah tahu alur mesinnya bisa untuk belajar
korek mengorek mas bro…
Langkah kompresi dan langkah hisap
Pada langkah ini dalam motor 2 tak terjadi 2 aksi berbeda
yang terjadi secara bersamaan yaitu aksi kompresi yang terjadi pada ruang
silinder atau pada bagian atas dari piston dan aksi hisap yang terjadi pada
ruang engkol atau pada bagian bawah piston.
Sedangkan yang terjadi dalam langkah ini adalah :
- Torak
bergerak dari TMB (titik mati bawah) ke TMA (titik mati atas).
- Pada
saat saluran pembiasan tertutup mulai dilakukan langkah kompresi pada
ruang silinder.
- Pada
saat saluran hisap membuka maka campuran udara dan bensin akan masuk ke
dalam ruang engkol.
Langkah usaha dan buang
Dan pada langkah ini terjadi langkah usaha dan buang yang
terjadi pada saat yang tidak bersamaan, jadi langkah usaha dahulu barulah
setelah saluran pembiasan dan saluran buang terbuka terjadi langkah buang.
Yang terjadi dalam langkah ini adalah :
- Sebelum
piston mencapai TMA (titik mati atas), busi akan memercikan bunga api
listrik sehingga campuran udara dan bahan bakar akar terbakar dan
menyebabkan timbulnya daya dorong terhadap piston, sehingga piston akan
bergerak dari TMA (titik mati atas) ke TMB (titik mati bawah).
- Sesaat setelah saluran hisap tertutup dan saluran bias serta saluram buang membuka maka campuran udara dan bahan bakar yamg berada diruang engkol akan mendorong gas sisa hasil pembakaran melalui saluran bias ke saluran buang.
Begitulah kinerja mesin 2 tak, kenapa motor 2 tak itu
tarikannya bisa gahar, karena proses geraknya tidak serumit motor 4 tak.
Sumber :
http://motomodif-world.blogspot.com/2009/01/langkah-kerja-motor-bensin-2-tak.html
13 Komentar:
Pertamax
Hihihihihi....
bos cara perbaiki membran f1zr gimana,kok gak pernah dibahas ya..salam F1ZR mania
^
Sorri mas bro, belum ada waktu yg pas.. ya nanti klo sempat diulas di forum ini deh.
Bro aku mau nanya nih, kalo motor Force One gak di hidupin selama berapa bulan, apa kemungkinan yang terjadi?
Bro aku mau nanya nih, kalo motor Force One gak di hidupin selama berapa bulan, apa kemungkinan yang terjadi?
Bro aku mau nanya nih, kalo motor Force One gak di hidupin selama berapa bulan, apa kemungkinan yang terjadi?
kalau motor tidak pernah dihidupin beberapa bulan, kemungkinan yang terjadi yang irit bensin dan irit ban.. ha ha just kidding bro..
sebetulnya kendala ada di oli mesin yang mengendap aja mas bro. kalau lama tidak di hidupin sebaiknya waktu mau ngidupin motor harus pakai engkol dulu sampai beberapa kali selah, biar oli mesin ikut naik, tapi kontak posisi OFF ya? setelah di engkol beberapa kali coba kontak di puter ke posisi ON, jreeengg pasti bunyi dan asepnya banyaaakkk, tapi santai aja emang seperti itu kinerja motor 2tak kalau jarang dihidupin.
Tapi mau nya saya langsung ganti knalpot agar oli tidak mengendap dan suara semakin jreenngg ..
Apakah bisa?
Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua
Thanks uda berbagi kawan....
Salam ngebul.. Hehehe
Apanya yang ngebul kardo....?
bro, aq mau nanya, punya q f1zr th 2002.,.
dri semi koplonlg aq buat kopling tangan,tpi kok keras banget ya koplingnya.,. biar enteng gmana ya solusinya??
thanks
Hahhha... Knalpot nya ngebul bang devide
Posting Komentar
Dilarang berkomentar "SARA"