Lama tak menjamah blog ini mas bro, rasanya kangen juga
untuk bisa berkomunikasi dengan sobat sobat force mania. Jangankan blog, motorpun jarang kejamah juga bro, kalau blog
tidak dirawat masih ada jejaknya, nah kalau motor sampai tidak dirawat gimana
ceritanya ya? Bisa bisa ambrul kalau di betot gasnya. Merawat motor itu memang
gampang gampang susah, intinya kita kudu telaten dan serius untuk merawat si
F1ZR ini. Untuk itu ada sedikit tips untuk merawat si manis F1ZR ini, poin poin
yang penting dalam merawat motor Yamaha F1ZR :
- Rantai & Gir
Selalu periksa kondisi rantai, jaga
selalu setelan rantai jangan sampai kendor atau terlalu kencang, kalau terlalu
kendor bisa lepas dari gir, kalau terlalu kencang juga bisa bikin rantai putus,
gunakan pelumas untuk rantai agar mata rantai bisa bekerja maksimal.
Periksa kondisi Gir, kalau sudah
lancip lancip sebaiknya segera diganti, jangan nunggu rantai putus baru ganti
Gir, bisa berabe ntar, dorong dorong motor gara gara rantai putus.. bujug. karena ane juga pernah ngalamin hal pahit tentang rantai putus. baca kejadiannya http://club-f1zr.blogspot.com/2008/01/jangan-sepelakan-rantai-motor-anda.html
- Busi
Jangan sepelekan keberadaan busi,
tiap bulan sekali usahakan di bersihkan, disikat biar plak plak kotoran tidak
menggagu pengapian. Dan setiap 10.000KM Busi wajib alias kudu diganti. Jangan tunggu
sampai Busi mati baru diganti. Bisa bisa CDI bisa matek juga.
- Kabel Koil
Jangan lupa periksa pula kabel koil
yang menuju ke busi, kalau sudah tua kabelnya segera ganti. Kalau copot dari
busi kan bisa
nyetrum lho.
- Selang Bensin
Nah yang satu ini terkadang
terlupakan, mentang mentang tempatnya tidak terlihat jarang di maintenance,
periksa yang teliti selang bensin yang menuju ke karburator apa masih bagus,
kalau ada retak retak segera diganti, kalau dibiarkan sampai selang berkerak
bisa membuat kotor saluran ke karburator, akhirnya motor jadi mrebet.
- Oli samping
Si cairan yang satu ini jangan sampai
disepelekan, karena motor 2tak kalau sampai kehabisan oli samping bisa
mbrodolin si piston alias turun berok (mesin). Karena tugas si oli samping ini
untuk melumasi bagian seher (piston), stang seher serta laher bearing seher as
krug. Dan jangan lupa di setel yang bener, jangan sampai kebanyakan oli
sampingnya, motor bisa mbrebet dan terlalu banyak asep (dikira mbakar sampah
knalpotnya). Dan jangan terlalu irit juga, kalau supply oli samping terlalu
irit motor bisa overheat. Kan gak enakkan kalau motor dibawa
ngebut tau tau mogok karena kepanasan akibat kekurangan oli samping.
- Karburator
Si benda kecil ini juga sangat
vital lho mas bro, servis yang rutin biar motor F1ZR makin jos larinya. Cara servis
karburator F1ZR pernah diulas di artikel sebelumnya. http://club-f1zr.blogspot.com/2009/06/service-karburator-f1zr.html
- Blok mesin dan Head
Setiap 6 bulan sekali, sebisa
mungkin dibersihkan kerak kerak hasil dari pembakaran. Coba buka artikel yang
ini http://club-f1zr.blogspot.com/2009/06/bersihin-kerak-di-piston.html
- Accu
Bagi yang masih pakai aki (accu)
jangan lupa selalu cek kondisi air akinya, kondisi air aki jangan melebihi
batas maksimum garis atas, jika air sudah melebihi garis bawah harus segera di
tambah air akinya.
- Ban
Si karet bundar ini juga harus di
cek setiap saat mas bro, terutama tekanan anginnya, jangan sampai kurang. Untuk batas
toleransi tekanan angin untuk ban belakang sekitar 34psi, dan untuk ban depan
sekitar 28-29psi. (setiap merk ban toleransi tekanan anginnya berbeda, coba cek
dikemasan masing masing merk).
Kalau sudah dirasa gundul segera
ganti ban. Jangan sepelekan lho mas bro, gara gara mau hemat duit, ban yang
sudah gundul di tunda tunda penggantianya, bisa bisa ndlosor kalau di rem. Apalagi
jalanan yang basah atau pasir. (malu kalau diliat orang kayak acrobat…
gebubrakkk)
- Pemanasan Mesin
Biasakan manasin motor sebelum di
geber mas bro, manasin motor juga jangan lama lama cukup 1-2 menit saja.
- Knalpot
Si pembuang gas yang satu ini kudu
diperhatiin, kalau ada dana lebih setiap 6 bulan sekali bawa ke bengkel knalpot
untuk dibakar, biar kerak kerak bisa ambrol, dan yang pasti motor bisa ngacir,
asep juga tipis selain itu suara juga sedikit merdu di telinga. Yang terpenting
motor tidak mbrebet karena pembuangan telah sempurna.
- Part Asli Yamaha
Usahakan setiap ganti spart yang asli/genuine. Harga mahal sedikit tapi kwalitas juga tidak di ragukan tho mas bro?? ada harga
ada rupa kan
gitu. Yang jelas sparpart genuine pasti awet.
Semoga bermanfaat mas bro. sorri lama banget gak obok obok
blog tercinta ini.
27 Komentar:
Pertamax..
ajib.. thx gan. bermanfaat banget tips nya
ijin msk mas sm2 pecinta f1zr..klo rumah kopling oblak di motor pa klo jalan pelan nyendal2 ya? Please blsnx mas
karet kopling nya udah aus masbro..
permisi gan,cara bedain busi yang msh bgs sm yng udh jelek gmn ya gan?trs bang em rukhin knalpot ahrs'nya dl msh ada gak gan?ane lg cr nih,
salam, ane ingin nyari velg asli palang 3 f1r...email ke ane poye_grunge@yahoo.com
apa aja yang harus di ubah kalo f1r gua mau kencen supaya enak buat drag
pnya ku f1z 95 ud fullclutch .abis gnti karet rumh kopling kok jdi nyendal2 ya kalo gas dthan.
Dlu pke kmpas FR.trus aku balikin standard. Kok mlah bunyi dengung. . . Ky jualan kue putu . Hehehe
tlg di bantu ya agan2 . . .
mas kenapa setiap ngegas kok nggk stabil,gas sama suara motor nggk sama .?
mas mo nanya ada kenalan juragan part f1zr ori yg jualan online gk...thanks
klo ganti deksel dengan yang kw suaranya kok jd gak nyaring lg ya..
Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua
kalo tune up F1ZR ane di bengkel kira2 brapa yah?? kira2 aja dah, gk pasti ora nopo2 :v
Gan,kalo kurang bertenaga pas tanjakan solusi nya pa gan????
@boni
Kalau motor kurang bertenaga di tanjakan, bisa jadi plat kopling sudah aus (tipis) jadi tenaganya udah boyok. atau bisa juga setelan karbu yang terlalu pendek, artinya dapet tenaga saat rpm tinggi.
coba bawa ke bengkel terus stel anginnya di panjangin, jadi tenaga awal ngisi, cuma saat putaran atas rada loyo.
haga batok stang F!ZR brp y???
permisi ? Gua mau nanya nih ?
Kalo motor gua lagi dipake kira2 100 m mati mulu gan, tapi diselah kembali bisa ?
Kasih solusinya gan ?
Kemungkinan overhed kali mas bro, coba oli sampingnya diborosin dikit biar pistonnya tersupply oli. Terus bensin ditambahin oli samping (dicampur).
Mas mau tnya ni fiz thun 2004 klo buat pelan ngadat klo buat ngceng stabil ap nya ya
mantap infonya.. bravo 2 tak..
agen tiket pesawat
kalau motor f1zr setiap masuk ke gigi 3 si motor ini mati,gk da tarikan gitu knpa ya broo......
coba cek pengapian nya bro ?? mulai dri busi koil cdi ma spul nya.. kya na ada masalah d antara yg sya sbut..
kampas kopling abis masbro,
klo mau di gas mtor nyaa gak kuat narekan yaa?
knpa thu yaa mas broo?
1 lg nhe karbu ku sering banjir itu knpa ya?
Permisi mass gue mau nanya ni..
Motor Fizr ane kok nahan kali ya tenaganya kurang gitu, apalagi pas motor baru mau jalan tuh terasa banget nahannya..Kopling harus di tahan2 lah baru mau jalan ??
Kmarin dah dibawa bengkel trus katanya karbunya yang soak... lalu saya ganti karbu tapi motor tetep nahan aja.. apalagi pass di bawa lambat tu motor suaranya pincang/batuk2/berebet banget... tu kenapa ya mas ??
Mohon infonya..Thanks..salam Fizr
JAGUARQQ AGEN JUDI POKER ONLINE DAN AGEN DOMINO 99 TERPERCAYA DI INDONESIA
Segera daftar dan bermain di JaguarQQ
Hanya dengan minimal deposit dan withdraw sebesar Rp.15.000,-
Anda sudah memiliki kesempatan untuk menangkan hingga jutaan rupiah
JaguarQQ menyediakan 8 Game dalam 1 User ID diantaranya :
-Poker
-AduQ
-BandarQ
-Domino QQ
-Capsa Susun
-Bandar Poker
-Bandar Sakong
-Bandar 66 (NEW)
Segera Gabung dan Dapatkan Promo Terbesar
-Bonus Rollingan 0.5% Setiap Minggu nya (diproses setiap hari Jumat)
-Bonus Refferal 20% Terbesar Seumur Hidup Tanpa Syarat Apapun
Untuk info lebih lanjut Silahkan hubungi Cs JAGUARQQ:
LiveChat 24 Jam Online
PIN BBM : 2AE76E22
WA : 081319506846
WEBSITE :www.jaguarqq.info
Posting Komentar
Dilarang berkomentar "SARA"