02 Juni, 2009

Bersihin kerak Piston

Kemaren aku mencoba bongkar mesin F1ZR itupun harus tanya sana sini dulu (mekanik), cukup kawatir juga takut mesin jadi ngadat, awalnya sih pingin tahu seperti apa yang namanya piston.. akhirnya bermodal keberanian aku bongkar juga.. tujuannya sih untuk ngebersihin kerak yang nempel di piston kata temenku yang jadi mekanik dibengkel, kalau terlalu banyak kerak, motor jadi mrebet karena pembakaran kurang sempurna, jadinya harus rajin diservice, nah berhubung cara bongkar dan pasangnya tidak terllau sulit ya aku coba kerjain sendiri itung-itung belajar service motor sendiri.

Maksud hati pingin aku korek ini motor, waktu temen mekanik bilang "kalau korek harian bahan bakar boros, mending suntik piston aja, lari motor ngacir bensin tidak boros". aku baru paham kalau suntik piston itu membuat lubang angin tambahan di blok mesin, tapi saat ini aku belum ada niat untuk oprek mesin, maklum masih ada kendala KANKER (kantong kering ha..ha.ha) .

Lanjut masalah tadi tentang bersihin kerak piston (seher). ini blok mesin F1ZR


Langkah pertama copot kabel busi, lalu kendurkan baut kearah kiri :


Lalu copot pelan-pelan bloknya, kalau susah copotnya getok dengan palu atau benda lainya secara pelan-pelan sampai blok mesin keliatan renggang, kalu sudah bisa di copot tinggal ngebersihin kotoran yang ada di blok mesin sama di kepala seher/piston, sebaiknya waktu ngebersihin kerak pakai amplas yang halus agar tidak terjadi goresan di piston dan di blok mesin.


sampe hitam legam warna piston karena sudah banyak kerak, untuk ngebersihin aku pakai sikat gigi campur bensin agar kotoran bisa rontok, lalu baru aku amplas biar keliatan bersih



kalau sudah diyakinkan bersih, tinggal pasang lagi blok mesinnya, dan motor siap di tes apakah ada perbedaan gak... smriwing muantep motor tarikannya jadi enteng banget setelah kerak seher di bersihin... rekan-rekan mau mencoba sendiri?? silahkan, cuma modal kunci pas ukuran 12, sikat gigi, amplas halus, bensin atau minyak tanah.. udah bisa tune-up.

59 Komentar:

Hopi mengatakan...

bikin lubang angin di blok mesin di bagian inteknya atau dimana bro?

Rukhin mengatakan...

kalau detailnya aku sendiri kurang paham bro, waktu itu bengkel temen gue yang mau nawarin, daripada dikorek mending di suntuk piston aja, buat harian oke, bensin juga gak boros-boros amat terus larinya enteng kata mekaniknya.. bengkelnya di gandul cinere, kalau ente minat nanti tak anterin..

iman mengatakan...

bro... gw juga punya ni. tahn 97,., pas mau buka bloknya keras juga yah... tapi pas bokap gw liat gw mau buka itu bloknya... dy malah larang gw karena kita masih awam... btw di bloknya ada seal atau apa yang bisa bikin bocor oli ? atau buat ngebuka itu ga ada resiko sama sekali? thx ya.. gw niat banget pengen ngoprek tapi serem kalo ga ada bimbingan

Rukhin mengatakan...

yup emang pertama kali keras (masih nempel) getok aja pelan-pelan pinggir-pinggirnya, pasti bisa copot, untuk packing gak usah diganti biasanya itu alumunium jadi aman... klo untuk motor 2 tak gak usah takut untuk bongkar-bongkar, karena tidak seribet motor 4 tak. awalnya gue dulu juga takut, setelah berhasil misi pertama jadi ketagihan, per 3 bulan sekali bongkar untuk ngebersihin kerak dipiston, sekalian bongkar (service) karburator. dicoba aja dulu bro, trus nanti untuk pasang bautnya lagi jangan terlalu kencang-kencang takutnya malah patah.. (klo patah bawa ke tukang bubut jadinya) sip bro semoga berhasil..

ari mengatakan...

trims bro

iman mengatakan...

Bro... yang digetok tuh apanya sih ?? Katanya harus buat "luka" di jalan mur nya yah ? Bahaya ga tuh ?
Kalo yang gw... bautnya rada di dalem gt... jadi buka pake kunci pas biasa ga nyampe... Pake apa yah ??

Anonim mengatakan...

yang di getok pinggiran blok mesin depan, itupun klo copotnya susah, klo gampang dicopotya gak usah di getok, klo getoknya kenceng ya bahaya (emang mau ngamuk he..he..he) pelan-pelan aja getoknya. untuk buka baut pake kunci kayak gambar diatas aja atau pake kunci pas yang cabang 3.

iman mengatakan...

Jadi di getok dikit2 sampe murnya gampang dibuka gitu ?? Kalau kita liat posisi blok dari depan itu getok dari samping ? getok dari depan ke belakang ? atau dari belakang ke depan ?? gw takut salah aja bro.. hehe... makasih yah buat jawaban2nya

Anonim mengatakan...

oh, ini kalau bautnya susah dibuka ya? gue pikir bloknya, kalo bautnya susah dibuka kunci yg segitiga juga bisa kok, emang pertama keras coba sambil di ketok pake palu kearah buka..!!

iman mengatakan...

Bro !! Kemaren gw coba pake pelumas yang merknya singer tuh... bisa juga akhirnya... Tapi !!!! Cuma 2 baud doank T_T.... 2 baut lagi dol ternyata. pas gw mau puter... sisi2nya udah rada rusak... nah kalo gitu... bukanya gimana yah ??? soalnya mau puter sekuat apapun loss.. Ada tekniknya ga yang kaya gini ??

Rukhin mengatakan...

Kalo udah loss sebaiknya bongkar semua, terus diganti bautnya.. untuk masang baut harus dibawa ke bengkel bubut... harga 1 baut 7500 sampeyan kan perlu 4 baut jadi brapa tuh... saran ane sebaiknya bawa kebengkel aja dulu untuk bongkarnya karena harus copot blok mesin depan dan belakang, sekalian ente liat cara bongkar pasangnya, kalo udah tau tekniknya suatu saat tinggal bongkar sendiri, gak perlu dibawa kebengkel.. (dulu ane juga gitu cuma ngeliatin mekanik cara bongkar pasang mesin, nah sekarang ane gak pernah kebengkel lagi, tinggal siapin kunci pasnya, trus bongakr-bongkar sendiri deh)

IAN mengatakan...

Bro kalo bongkar motor sampe kelihatan bagian stang seher di perbolekhkan atau tidak, sebab gw pengen servis sampe bagian2 dalem mesinnya!!!gw pernah nanya ke mekanik bengkel sepeda motor,,katanya gk boleh sebab suara mesin bakalan kasar/berisik!!!!bener gak tuh???

Anonim mengatakan...

sepertinya gak ada masalah tuh, yang penting gak ada yang bocor, maksudnya packing-nya harus betul-betul press.

IAN mengatakan...

Bro klo ciri2 motor F1ZR udah kena di bagian Seher, Ring seher dan Stang seher gmna tuh???Ciri2 nya bagaimana????

Anonim mengatakan...

Dari suara juga udah kedenger kemratak, trus buat lari juga empot-empotan.. ada yg mau nambahin ?

IAN mengatakan...

Bro jwaban u krang lengkap!!!!!

Bumm mengatakan...

Permisi gan...

Salam perkenalan da persahabatan untuk para pecinta poswan

Anto-TRD mengatakan...

Salam kenal...

wah saya pengguna motor yamaha force-1 1993
kalo mu lihat silahkan buka blog saya, dan komen ya hehe
http://anto-trd.blogspot.com/2009/08/yamaha-force-1-93-teman-setiaku-sejak.html

Anonim mengatakan...

nigth fighter
bro maw nanya, lubang exhaust pada block untuk tune up sd 115cc tu idealnya brapa???
thx..

emruxc mengatakan...

coba bro tipisin aja 1-2mm

awal mengatakan...

bro... aq jg punya thn 98. nsih standar, tp gyanya lumayan... yg aqw bngungkan.. knapa pas gas ditarik bkn nya naik yg ada mlah ngebrebet, apa dr pengapian atau dr karburator yua...

ary mengatakan...

aq pnya mtor f1 th 94;;;;;
jarum udh d ptong.tp lari gk kncng

ary mengatakan...

tolong jw
bn nya bro

Anonim mengatakan...

@ary
jarum ganti punya karbu king aja, minumnya juga banyak sih cuma lari juga enteng

ary mengatakan...

bro knpa mtor saya pas d pasang saringan, larinya ngeden..........
N COCOK GA KLO PKE KARBU KING

ary mengatakan...

THANKS.................................
bro f1 q cocok gk lw pke krbu king;;;;;;;;mohon jwbnnya

Anonim mengatakan...

@ ary

karbu king buat motor f1zr bisa kok, lari makin kenceng kantong juga kenceng (bensin juga ngokop bro)

ginanjar mengatakan...

Kalau aku pnya f1zr th 98. Masalahnya kalau di buat jalan ada suara mendengung. Kt tmn bengkelku.ada mslh di kelistrikanya. Ada yg bs kasih solusi

Anonim mengatakan...

cek spulnya dulu bro....

Anonim mengatakan...

gw kentung bro f1zr gw thn 2003 itu dah pke piston RXs over size 100 tapi masih g mau lari ( kenceng ) gimana solusi nya bro biar lari nya enteng alnya tarikan nya berat ,,karbu dah open ,,,please help me ???

agung mengatakan...

bro kentung.........stau gw klo mo kenceng MJ & PJ d'gedein dr normal na,,,,tp bensin bkalan boros.. klo mo kenceng lg pa2s head n lobang pembuangan asapna.............

agung mengatakan...

wah mantap neh klo ad yg bkin bengkel khusus wat F1zr ato 2 tak lah plus jual jeroan na...... jd ga susah nyari spare part na tp tetep jgn mhal2 maklum kantong cekak.....hehehehe

Anonim mengatakan...

sory nie mau nimbrung, gw pnya posan 94, sebener nya , semakian u pke sher gede mkin ga da tnaga di ata nya, cuma enak di bwah doang bro!
mau enak ma cukup bubut magnet 1mm, and majuin ganjelan yg ada di atas magnet1
pasti mantap bro>>>>>>>>>>>

Degant mengatakan...

Salam, mau nanya nih Gan. ada trouble pas masang lagi, muter murnya terlalu kenceng jadi bautnya yang nongol panjang patah satu. Itu gimana cara mengatasinya ya Gan?? Mohon pencerahan.
Sebelumnya Terimakasih.

Anonim mengatakan...

Dshock aja gan, bawa ke tukang bubut..

javanicus17 mengatakan...

gue juga punya nih f1ZR warna merah , tahunnya gue lupa , gue mau nanya dong , baru banget kemaren motor gue tiba tiba mati ditengah jalan pas gue lagi tarik"an sama mio bobokan ... nah abis itu gue selah ngga idup lagi , itu knapa ya ? apa gara" oli mesin sama oli samping aabis ya ? soalnya dua duanya emang pas abis , kemaren gue dah ngeri aja kalo seher/pistonya ptah , soalnya suara waktu mogok berasal dari blog seher itu thx gan

EM Rukhin mengatakan...

@javanicus17

Untuk mesin 2T usahakan jangan sampai kehabisan oli samping, dan lebih bagus lagi sewaktu isi bensin kasih sedikit campuran oli samping, btw oli mesin ama olsam kok sampe bisa habis begitu bro??

Seno mengatakan...

Ane pny mtr f1zr 2003 wrna bru pth..
Head,blok msin dah dpapas, krbu pke pny king... Tarikan mantap bro

Anonim mengatakan...

awas, jangan maen gde2in aja....
Perhatikan perhitungannya...
Emang mudah bikin 2tak kenceng, namun lebih mudah lg bkin 2tak ngesot...
Saat qta gdein piston..perhatikan jg porting/lobang2 yg laen(exthaust port, lubang bilas, dan lubang intake)
saat qta gdein tuh piston, tanpa sadar qta mngecilkan lubang2 yg laen itu,

Anonim mengatakan...

salam..
gan, ane juga punya F1ZR 98, taun lalu turun mesin..
dulu larinye kenceng bngt, tapi smakin hari smakin doyok aje larinye, oli samping boros, ape perlu ganti Piston same yg Over size???

Anonim mengatakan...

Coba diservice besar dulu bro, namanya juga motor berumur, musti di bongkar semua trus diersihin semua kerak. trus cobain deh hasilnya, pasti gak kayak doyok lagi.

Pupuk mengatakan...

untuk tarikan dan naikin top speed, cukup oversize standar, hanya perubahan gear, bubut head 0.3mm,korek block dikit..silahkan dicoba..

Anonim mengatakan...

Ada yang tau ga dimana beli knelpot AHM ??? sms 085655122644 thanks

Anonim mengatakan...

kemaren motor aku booring dan kembali ke standart, tp setelah itu suaranya jd dengung, kenapa ya,, ada yg bisa bantu...

Yogi mengatakan...

sbenernya ane pengen motornya kenceng tp ane masih polos dengan 2 tak ne
pengen tanya Lubang transfer sama lubang masuk tu yang mana yaaa????
diharapkan bantuannya...
soalnya ditempat ane mkaniknya pada pelit kasie bocoran...
tolong dibantu....tp jangan pakai prok-prok yaaa ntar jadi apa lagi hhheehee

jadidsykez mengatakan...

Busi nya ga ush di copot dlu ta,?????
Tadi mau bongkar, sampai ga jadi,,..
Gimana?

Anonim mengatakan...

lam nal aja bro,gw adi mau tanya nie brp harga laher kruk as n stang seher f1zr yang biasa aja,tq

Dika Gosht mengatakan...

kalo jenis alpha kira" ada yg tau kah g`mana cara bikin dia lari kencang,,,???? tq

Anonim mengatakan...

slam kenal... bro... sy punya F1 ZR 2005 masalahya apabila sy ganti busi baru pasti jarak 4 atau 5 km pasti mesinya mati...solusinya gue pakai busi bawaan motor yg pertama kali alias tidak pernah diganti dari pertama dibeli.. lariya ngacir lg klu hal ini apa peyebabnya bro... sy tunggu balasannya..

gusti agus alfian mengatakan...

slam kenal... bro... sy punya F1 ZR 2005 masalahya apabila sy ganti busi baru pasti jarak 4 atau 5 km pasti mesinya mati...solusinya gue pakai busi bawaan motor yg pertama kali alias tidak pernah diganti dari pertama dibeli.. lariya ngacir lg klu hal ini apa peyebabnya bro... sy tunggu balasannya..

pebri winanda mengatakan...

Bro kenapa ya motor F1z R q kalo di hidupin mesinnya ngegas sendiri..
Gasnya selalu tinggi udh di cek karbunya gk apa2 udh pinjam karbu teman tetap juga ngegas sendiri apa ya kenanya..
Apakah sel mahnednya apakah perpak motornya bocok tolong di jawab mas

Anonim mengatakan...

@pebri winanda
Sudah diperiksa tali gasnya mas bro? karena tali gas F1ZR itu menyatu dgn tali oli samping, ane yakin itu dari tali gas yg saatnya diganti..

aris setiawan mengatakan...

gua punya f1zr tahun 2003 gan .. gatau kenapa pas gua ajak jalan kancing seher yg bentuknya G malah copot langsung kejepit diseher n block sehernya.kegores dalem banget block mesin guanya.kira2 itu bisa dibubut ga ya? n apa aja yg harus gua beli? seher gua kegores 3mm mungkin..gua juga gatau pasti.yang pasti tuh motor jadi bangke drumah.hehhe ..
stang seher kalo goyang diapain gan? kata temen gua disenter.disenter apa si? kasihh pencerahan pliss.. guajuga baru tau2an mtor nih.wkwkwk ..
kmaren gua bongkar sendri blocknya sampe keliatan stang sehernya.akhirnya pas gua liat stang seher gua goyang ..
srannya ya cs .. ehehhe

YUNUS RUDIANA mengatakan...

entu piston pake RX-s broh>???SOALE sama percis sama punya ane..ZZZ ya biar jelas punya ane standart apa RX-s.

Marsan Widi mengatakan...

Asslmlkm mas mo nnya f1zr th06 stiap d nyalakn.gas langsung naekk trus tinggi.???? Pdhl g d gas.mohon sarannya.

????????????????? mengatakan...

assalamualaikum.
saya punya fiz r 97 tapi kok tarikannya gandol banget ya.kira kira apa sebabnya

????????????????? mengatakan...

assalamualaikum.
saya punya fiz r 97 tapi kok tarikannya gandol banget ya.kira kira apa sebabnya

Unknown mengatakan...

permisi
mw nanya sya punya fiz r 2001
di bloknya ada bunyi kyk ring udah kna. tp pas sya bongkar ring piston masi Ok. kompresi masi padat.
saya pake piston rx spesial. kira2 apa nya ya?

Udink 29. mengatakan...

Assalamu alaikum.. saya punya fiz r 2003
dibagian kopnya sering kluar oli. Cara ngatasi nya gimna bro.

Posting Komentar

Dilarang berkomentar "SARA"