04 Januari, 2008

Jangan sepelakan Rantai Motor anda !

Gara-gara ceroboh (tidak cek rantai)


Hari rabu 3 Januari 2008, ya hari itu sangat menyebalkan, tepatnya jam 6 sore, aku buru-buru pulang kantor maksud hati ingin ke kampus lebih awal, maklum masih nuansa tahun baru biar lebih semangat, lah baru jalan 100 meteran tiba-tiba motor mendadak berhenti, mesin masih menyala tapi kok kenapa motorku tiba-tiba berhenti tanpa sebab pikirku, lalu aku coba masukin gigi sampe top gear tapi kok motor gak mau jalan juga, aku piker slip kopling, matek aku bingung jadinya udah mau buru-buru motor malah ngadat, ndak taunya rantainya putus… walah akhirnya aku dorong motor cari bengkel terdekat, nah pas di jalan ketemu temen, berry namanya akhirnya aku dibantu di dorong sampek ketemu bengkel, dan si berry pun langsung pulang gak nungguin aku, nah sampai bengkel aku minta tolong sama mekaniknya ndak taunya mekaniknya gak ada.. weleh apes bener, aku dorong lagi sembari tolah-toleh nyari bengkel, akhirnya nyerah juga aku, aku putusin telpon temen minta tolong dorong motor aku sekalian nyari bengkel, akhirnyatemenku datang juga walhasil aku dapet itu bengkel, otak-atik nyambung rantai akhirnya bisa juga, Alhamdulillah bisa jalan juga motorku, akhirnya aku ucapin makasih buanyak ama temenku tadi.. pas jalan pelan-pelan maklum macet, ee` tiba-tiba rantaiku putus lagi, bener-bener apes mana gak ada duit, di dompetpun tinggal tiga ribu, lalu aku minta toolong lagi sama temen untuk dorong lagi, dan Alhamdulillah gak jauh dari situ ada bengkel lalu aku mampir ke bengkel, atas saran mekanik suruh ganti rantai aja, ya sudah dari pada putus-putus lagi, weleh 60 ribu melayang juga (tapi pinjem temen itu duit). Jam 7 malem udah lewat tapi motor belum beres juga nah pas jam setengah delapan baru kelar itu motor, tapi konsekuensinya tidak jadi ke kampus dech. Setelah selesai aku langsung pulan, pas sampai Bintaro ucluk-ucluk (bahasa jawa) rantaiku putus lagi, wadoooww seperti ketiban durian kepala ini rasanya, apa salahku kok ada ujian sore ini di awal tahun baru lagi, ya sudah akhirnya dorong-dorong lagi, karena merasa capek banget ya lagi-lagi teman yang harus direpotkan, aku hubungi teman yang rumahnya dekat-dekat Bintaro, eh dlalah (bahasa jawa juga) Handphone CDMAku batterainya habis, ya wis aku pakai yang GSM “Ya Allah” batterainya juga low bat, aku coba pakai peruntungan , aku coba calling temenku Alhamdulillah bisa juga akhirnya hubungi dia, setelah selasai ngobrol “mak pet” habis batterainya.. ya sudah akhirnya sesuai kesepakatan untuk ketemuan di perempatan perumahan Bintaro, dan setelah dibantuin dorong akhiirnya aku menemukan juga bengkel motor, setelah cerita kejadiannya kepada menkanik, sang mekanik langsung berkomentar “ sampeyan ganti rantai barupun kalau GIR belakang tidak di gantai rantai pasti akan putus terus, karena GIR belakang sudah aus/lancip, jadi rantai tidak ngeplak ke gigi GIR nya” kata sang mekanik, ya sudah aku putuskan untuk sambung rantai saja dulu yang penting aku sampai rumah dulu, pingin istirahat yang uenak, capek dorong-dorong motor, awal tahun baru yang membuat tubuh sehat ha..ha.ha habisnya dorong motor sampai 2 kilo kale. hikmah yang aku ambil dari kejadian ini lumayan banyak :

Tip dan trik merawat rantai dan GIR :

Belilah rantai dan GIR yang orisil kalau kemahalan usahakan tidak murah-murah banget, terus setel kekendoran rantai sesuai dengan ukuran biasanya 2,5 Cm, biar rantai awet jangan dikasih Oli pakailah pelumas rantai harganya kira-kira Rp.25.000,- kita tinggal semprotkan saja ke Rantai, dan rantaipun tidak kotor, kalau pakai Oli endapan rantai itu akan berubah kental dan kalau kering akan membuat rantai cepet tua /keras. Kalau rantai keras pasti efeknya GIR juga cepet kemakan (aus) jadi ya gitu dech…. Semoga bermanfaat.

12 Komentar:

dodi lukman hakim mengatakan...

wah wah... blog baru nie rupanya.
masih sepi komen,
selamat ya bro mudah2an ntar kedepan tambah rame, rajin2 aje up to date, ntar juga pasti org2 berdatangan dgn sendirinya. sabar aja gan!

oya, nie gw juga pecinta f1zr. gw punya yg taon 2003.

btw, nice tips.

salam persahabatan!

Rukhin EM mengatakan...

Ok bro, salam cinta F1ZR juga.. kalau ada berita share juga dunk biar berbagi ilmunya terutama untuk force one mania.. he..he

Anonim mengatakan...

ya namanya juga F1ZR pasti ngacir tuh tanpa tnading kok

Anonim mengatakan...

supaya kagak ngebul pakek dong olie samping yang bagus dan stel tuh pengaturan olie samping pasti deh tetap ngacir dan nggakganggu yang laen namanya juga F1ZR

Anonim mengatakan...

F1ZR dihatiku tidak akan pernah hilang agar kagak penasaran cobaain dong? pasti deh...........

Anonim mengatakan...

ngomong-ngomong gimana ya cara pilih oli samping yang baik? Dan seperti apa oli samping yang baik?
ma'af kalau ada salah kata, terima kasih!
Salam pecinta F1ZR

Anonim mengatakan...

permisi, ngomong-ngomong seperti apasih oli samping yang baik?, dan gimana cara pilih oli samping yang baik?
ma,af kalau ada salah kata, terimakasih.
Salam cinta F1ZR

Anonim mengatakan...

kalo milih oli samping harus pake perasaan bro, setahuku seh cocok-cocokan, ada yg cocok pake produk BP (Vistra & Castrol) ada yg cocok pake produk pertamina, kalo denger-denger produk Shell bagus banget cuma harganya gak nahan. aku sendiri belum pernah pakai shell

Anonim mengatakan...

ane oli samping ama oli mesin pake shell bro, jadinya asepnya gak banyak2 amat...

Salam cinta F1ZR juga...

Oky ALFA 96 mengatakan...

Waduh...
Rantaiku naik turun gak beraturan baru 3 tahun...
aduwh... payah...
tp blm pernah putus gt...

Untuk Oli samping aku pakai Shell SX 26rb campur Agip API TC 17rb...
Itu cara menggabungkan 2 kekurangan dan kelebihan..hehehe...
Shell SX asap tipis tp cepet panas harga menengah.
Agip 2T asap agak banyak tp mesin agak adem empuk harga murah berkualitas Dab...!!!

Anonim mengatakan...

^
kalo ngobrolin Olsam, suer-uwer-uwer gue paling cocok pake oli Agip 2T selain harga murah tarikan emang agip bener, enteng banget, kekurangan dari oli agip 2t ini dipiston keraknya warna hitam legam, dan baunya tidak sewangi oli vistra 2t. yang penting tidak buat kantong bolong... ngacirr pake F1ZR...

Oky Alfa R mengatakan...

Waduwh...
Gimana neh...
Rantai ku baru 3 tahun dah naik-turun tp gk pernah putus... Gara2 copot keteng rantai neh, umur.na jadi pendek pdhl sblm.na 11tahun baru ganti...asli.

Untuk oli samping aw pakai campuran Shell SX 2T 26rb + Agip 2T APITC 17rb.

Inilah penggabungan kekurangan dan kelebihan masing2.
Shell SX asap tipis tp mesin cepet panas, harga biasa/terjangkau.
Agip 2T asap rada tebal tp mesin agak adem empuk, harga murah berkualitas.

Posting Komentar

Dilarang berkomentar "SARA"