01 Juni, 2009

Service Karburator F1ZR

Belajar Service Karburator

Hari minggu kemaren aku mencoba kotak-kotak eh kotak-katik karburator motorku (YAMAHA F1ZR), pikirku daripada setiap service harus ke bengkel, kenapa gak di service sendiri saja, berbekal info dari teman-teman yang di bengkel akhirnya aku coba bongkar sendiri Karburotornya. awalnya sih takut kalau motor malah jadi ngadat, bukannya bagus habis diservice malah rusak.. he..he

nah singkat kata aku bongkar faring (sayap samping kiri) sampai terlihat karburatornya


wadau kotor banget karburator motorku pantesan aja kok kadang mbrebet banget, mungkin sudah 3-4 bulan gak pernah service. lalu aku coba copot karburator dari sarangnya, setelah itu aku lepas penutup tali gasnya sama tali chuck, tujuannya sih agar karburator bisa lebih leluasa di bersihin.




nah setalah sudah terlepas semua lalu aku coba bongkar semua, semua baut dilepasin agar bisa keliat jerohan karburator, kalau sudah keliat tinggal dibersihin aja.


setelah dibersihin semua dan diyakinkan semua kotoran yang ada di karburator sudah dibersih, lalu pilot jet sama main jet dicopotin juga, karena kotoran bisa mengendap di dalem, tujuannya biar pembuangan biar sempurna dan lari motor juga enak alias tidak mrebet.



oh iya satu lagi, sebaiknya untuk baut setelan angin dan setelan gas juga dicopotin juga, terus di bersihin, terkadang banyak kotoran yang menempel di dalem peer setelan angin dan setelan gas tersebut, pernah dulu motor mrebet terus gara-gara kotoran menumpuk di setelan gas, padahal PJ dan MJ sudah digonta-ganti dengan berbagai macam ukuran agar larinya tidak mrebet tapi hasilnya nihil, gak taunya cuma kotoran bersarang di setelan gas dan di setelan angin.

Kalau sudah bersih semua, tingal bersihin pilot jet dan main jet agar lubang-lubangnya tidak tertutup kotoran, untuk motorku ukuran Mainjet 130 dan pilotjet 20, kenapa aku pakai ukuran segitu karena knalpotku sudah aku korek maksudnya dalem isi knalpot sudah kosong tidak ada skat-skatnya lagi, tetapi di slancer aku tetep pakai gasful agar tidak terlalu berisik. suaranya lumayan garing. untuk korek knalpot aku ngerjainnya di Jl. H. Mencong Ciledug, ongkosnya waktu itu 75 ribu sudah terima jadi.


Untuk jarum pelampung pastiin bahwa masih layak pakai, kalau kata orang bengkel jika jarum pelampung terlalu lancip sebaiknya diganti karena kerja untuk ngontrol bahan bakar tidak stabil, alias sering banjir dan motor larinya jadi mrebet.

akhirnya tugas bersihin karburator sudah selesai, tinggal di pasang-pasang kembali dan coba di hidupin motor, setelah aku selah 5-6 kali (kontak posisi Off), baru aku coba hidupkan mesin, hasilnya motor greeeeng, bunyi juga.. seneng campur haru aku bisa service karburator motor sendiri. nah tugas akhir yaitu menyetel angin dan gas. untuk setelan angin putar sampai mentok kebawah searah jarum jam, lalu tarik gas kira-kira 1/4 putaran, setelah itu putar setelan angin berlawanan arah jarum jam, kira-kira 1 1/2 putaran sampai tedengar jeritan motor yang paling tinggi, kalau sudah dirasa cukup baru setel gas, putar ke kanan kira-kira 1-2 putaran atau sampai dapat langsamnya..
setelah selesai pasang kembali semuanya yang tadi kena bongkar (he..he) dan tes motor.. greeeeng ngeeeng motorku jadi ngacir lagi. minggu yang indah. ya setidaknya pernah bongkar karburator, jadi kalau jalan jauh tiba-tiba motor ngadat masalah di karburator bisa mengatasi sendiri.. Gooo Force Mania

64 Komentar:

Dede Sumarna Pamungkas mengatakan...

lumayan tuh panduannya bwt yg blm pernah bongkar force1.. aq jg pnya mtr force1, dl jg aq sering otak-atik sendiri... jd lmyan bs deh bwt service ringan mah..
salam persahabatan bro...

Rukhin EM mengatakan...

makasih bro atas komentarnya, emang sih kalo motor 2 Tak gak terlalu rumit seperti motor 4 Tak, jadinya kita bisa kotak-katik sendiri.. salam force one mania juga

Anonim mengatakan...

bang..tuturial tentang keprok & cdi nye juga dong...

Anonim mengatakan...

bang..tuturial tentang keprok & cdi nye juga dong...zikri_72@yahoo.com

Rukhin mengatakan...

Ok, Nanti kalau ada waktu diulas. thx bro

Anonim mengatakan...

bagus broo,,, lanjutkan.
jangan lupa tiap 6 bulan sekali cek reed valve dan sil kruk as. sapa tau udah bocor,,,ok???

Anonim mengatakan...

bagus broo,,, lanjutkan.
jangan lupa tiap 6 bulan sekali cek reed valve dan sil kruk as. sapa tau udah bocor,,,ok???
klo gak bisa contact di gassen_puoll@yahoo.com

Rukhin EM mengatakan...

wah, ada juragan gassen nongol juga tuh, nanti deh kalo ada yg gue tanyain gue kontak deh.. thx juragan

Anonim mengatakan...

wak keren....tambah lagi bang tutorial nya blajar mandiri gituhh....saya juga punya taon 97..merah putih

Anonim mengatakan...

ass.......
mas udah punya comuniti f1 lom
boleh ikut dunk gmn crnya
wass.......

Rukhin mengatakan...

Untuk community kopdar (kopi darat) belum ada, emang daerah mana sampeyan?

Anonim mengatakan...

Mantap Bro...gimana kalau dibuat bener2 khusus komunitas F1zr jd bisa berbagi pengalaman...buat jg jadwal kumpul bareng N jaketnya jg...?? Gw Yakin banyak kawan yg blg F1zR tuh mtr gaul abizzz,N Keren... Salam (Rock-Z-Kapuk city)

Rukhin mengatakan...

Boleh juga idenya, tapi harus di konsep yang matang bro.. terus kegiatannya apa aja, hari wajib kumpul kapan, dan bla..bla..

hisbudin mengatakan...

Mau nanya dikit nie, khan f1zr pake karbu mikuni ya, kalo mau ganti pilot n main jetnya (naikin 1-2 step) itu bisa pake pilot n main jet apa aja khan yg penting buat karbu mikuni, bener gak? gak musti buat f1zr khan?

Anonim mengatakan...

@hisbudin

bisa aja bro, gue dulu pernah pake punyanya Suzuki RGR, trus MJ nya pake punya Scorpio.. lari seh enteng tapi bensin juga enteng, ha..ha.ha

prima mengatakan...

kreeeeen jg u bgi2 ilmuu, mantaaap..
klo ad ilmu bgi2 agi yaaaah...

w jg porce one mania bgor nih bro,.. lam knl yoyoy

feby mengatakan...

feby


bos w mw nnya? karburator gw ska berembun gtu, kra" knpa ya?

Anonim mengatakan...

kalau berembun, ukuran pilot jet sama main jet gak sinkron mas.. coba balikin ukuran standart dulu.. utnuk ukuran standar kalo gak salah ada kok artikelnya diblog ini, kalo gak salah bagan karburator, cari aja dulu.. good lucky

Anonim mengatakan...

q punya yamaha f1Zr tp lm dapat setting karbu yang tepat,dah hampir 3 bln kepala ampek pening

Anonim mengatakan...

hue..he.he kayak ogut dulu neh, akhirnya ogut ganti PJ sama MJ ukuran 12,5 sama 130.. ampe sekarang tokcer banget... cobain deh

Anonim mengatakan...

tolong dong kasih tau... motor f1zr saya sering ngorok suaranya!!! itu karena apa ya???

Anonim mengatakan...

tolong juga ya bagi yang punya account Facebook, saya harap bisa masuk sebagai anggota di {Pecinta Yamaha F1ZR se-Indonesia} ya... sebagai tempat untuk tukar informasi kita-kita pecinta F1ZR... di tunggu ya...

Lodar mengatakan...

F1 ZR gua larinya ngadat kenapa ya?? padahal sering di service.. ada yang bisa beri informasi gak??

kios mengatakan...

paling enak lagi papas silider head o,4 mm squish atur ulang tarikan jadi galak man....

Anonim mengatakan...

Salam kenal
Numpang Tanya Dong !!!
F1 ZR gue ko tiap berhenti agak lama distarter jadi susah banget. knapa yaa ?

emruxc mengatakan...

stelan karburatornya bro, coba di service aja, sekalian ganti MJ dan PJ nya

maz.bam mengatakan...

halloo salam kenal

saya pake f1zr sporty ni,,

mau tanya dikit,,emangnya spuyer f1zr dan rx king sama ya bentuk nya cuma beda nomer aj?

kl gt bisa saling tuker donk kl mau cari no spuyer besar

emruxc mengatakan...

kayaknya sama deh, dulu aku pernah pakai punya scorpio ukuran 140

CUCUR mengatakan...

Men T0l0n9 Bantuin 9w d0n9.. Kmrn 9w Beli M0t0r Fizr Second .. Udah ABis2an Jajan Itu MOtor.. Tp Suaranyak0q Masih Kasar yAA.. Pdahal 9w demen b9t Ma Itu Motor.. Penyakit Motor Fizr Aj c? Thanks men

lissa aryana mengatakan...

Knp ya F1zr tahun 2002 ku, karbunya berembun?

emruxc mengatakan...

@lissa aryana

Kalau berembun itu biasanya ukuran MJ sama PJ yang gak sesuai bro,
langkah awal coba dari knalpot dulu kemungkinan udah banyak kerak jadi pembuangan tidak sempurna sebaiknya dibakar dulu knalpotnya.
dan coba service serta sesuaikan ukuran MJ dan PJ-nya.. kalau ukuran standart F1ZR MJ 130 dan PJ 17,5 kalau knalpot pernah dibobok atau sudah ganti knalpot racing Pilotjet naikin satu step aja (PJ 20)..
mudah-mudahn berhasil bro

Molin mengatakan...

salam kenal dari kediri (jatim) bro. ane punya F1zr taon 2002 kalo gak salah, semi clutch, warna merah putih, sayangnya ane gak tau ilmu sama sekali ttg motor, bagi2 ilmunya ye...

mo tanya2 nih bro, motor ane tu lelet di bngt rpm rendah, tp setelah di rpm tinggi lumayan OK. paling sering ane make di kecepatan 80an km/jam (maklum kediri gak ada macet, tp gak berani kenceng2 juga ntr nyungsep ato ditilang ame pak polisi -- biar cepat asal selamat), knp ye?

yang kedua, skok depan ama belakang udah keras banget, rencana skok belakang mo ane ganti ama punya jupiter z yang baru, kalo skok depan rencana mo ganti per dalemnya aja. menurut juragan gmn nih?

makasih bantunnya.

salam cinta f1zr mania.

Molin mengatakan...

Oh iya satu lagi, main jet ama pilot jet tu apaan sih bro?

Anonim mengatakan...

lihat gambar nomer 10, itu namanya mainjet ama pilotjet, fungsinya ya untuk kontrol bahan bakar serta supply angin, agar bahan bakar bisa bekerja sesaui dengan takaran mesin tersebut.

Anonim mengatakan...

bro molin, untuk ganti sock belakang sesuaikan kantong aja, untuk yang orisinilnya f1zr kira-kira 250rb-an, kalo yg merk biasa harga dari 50rb sampe 200rb-an.. untuk ganti per sock depan kembalikan standart aja, biar kalo buat jalan tidak geal-geol, kalo terlalu keras juga gak enak kalo terlalu empuk juga ngebuang jika buat jalan nikung..

Anonim mengatakan...

Mantab bro, gw kemarin baru ganti knalpot racing "GBS", PJ w naikin 1 step jadi 20, terus MJ ttp 130, cuma gw ganti sama kitako, lumayan bro larinya wuis, emang c tarikan awal alias buat tarikan bawah di g dapet cz gw dah ganti gear blakangnya jadi lebih kecil, tpi klw soal track lurus jangan di tanya di jamin, ngacirrrrrrrr, asal siapin rem depan ma blakang yg pakem ya, cz klw g ati2 aja klw ada kendaran di depan.hehehe

agung mengatakan...

mantap gan mohon info untuk harga spull F1ZR (ori) kira2 brapa'an ya... n klo spull yg bkn ori brap lma awet na.... tengkyu atas info na

Anonim mengatakan...

misi"
salam pecinta Force 1 .......
ne ada motor bokap...
force 1 taun 94
knp kq larinya cuma sampe 80km/h ??
biasanya q pake tmen q bisa sampe 100km lebih??

Anonim mengatakan...

Numpang tanya

gw pnya F1ZR 2004

mw nanya dikit...motor gw kLo di jaLan yg ga rata sering bunyi ncit..ncit..ncit..di sock beLakangnya
kira-kira permasaLahnya dimana ya ???

Thx...

agung mengatakan...

coba lo cek dlu sock na bcor ap kga\ ato ngga lo hrs ganti sil karet swing armnya klo bs yg asli biar awet

agung mengatakan...

tambahan dikit ato ngga AS swing armnya kering lo kseh gemuk lg bro biar enak. klo indikaasi karet silnya hrus dganti stau gw klo belok goyang armnya

candra mengatakan...

bro gw baru gabung ni...
mtr gw lg ga jlas penyakit ny..
entah carburator atau kampas kopling ny nih..
gw mau ganti carbu tp syang klau mslah ny bukan carburator...
gmn ni bro...ada yg mau tuker pake 2 hari buat tes mtor gw????
gw tinggal di ciledug...
thanks tmen2....
mohon di balas pesan gw....

EM Rukhin mengatakan...

@chandra
gue juga di ciledug bro.. ente ciledugnya mana?

Anonim mengatakan...

boz motor gue f1zr 2003.
Klo mtor di hidup kan gas nya lngsung naik tinggi tanpa di gas.
Gue da ganti tali gas & pake karbu baru tapi tetap aja gitu.
Gak bisa di setting langsam boz.

tolong bantuanya boz.
Kira2 letak letak slahnya dmna.
Truz apa yg hrus di ganti.

TQ

Anonim mengatakan...

makasih tas semua masukan yang di berikan pcinta motor F1Zr buat motor aku jadi ngejreng lagi
thanks for all

ided mengatakan...

sy pecinta mtr YAMAHA khususnya F1ZR......... bravo f1zr mania..........!ided.ikok@mail.co.id

ided mengatakan...

selamat siang kwn2 pecinta f1zr,,semua masukan yg ada di komunitas f1zr sungguh sangat membantu.bravo YAMAHA F1ZR INDONESIA (mas Adriyan smoga berhasil)

bhazooq mengatakan...

lo bongkar2 karbu mah dah biasa.....hehehehe...yg sulit tu cr yg setelan irit tp bs ngacir....wkwkwkwk....gmn yow?

herupermana mengatakan...

F1ZR mainjetnya kalo pake Mainjet RX King bisa ga bro soalnya kan beda panjangnya

Anonim mengatakan...

@herupermana
bisa aja bro, ane pake punya scorpio z bro.

BanditZ mengatakan...

salam Force 1 mania........

BanditZ mengatakan...

salam Force 1 mania........

yogo nurul mengatakan...

Gan,,knp ya motor kuu f1 '94 pake karbu king ngempos???kalo udah narik gas ,gas nya langsung kosong..

jadidsykez mengatakan...

Slam komunitas force 1,...

Anonim mengatakan...

mau tanya nie gan.
motor ane F1ZR th 2002..
oversizenya udah aq naikin ampek 200..
tiap ane geber lari kenceng...gag begitu lama udah brebet nih motor...
pernah juga langsung mati nie motor..

kenapa ya gan..???ada yang tau??

Nana Asbon mengatakan...

F1zr emang mantAp broo__
Walopun banyak pendatang baru,tp gw G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ tertarik,2 tak apa g kluar lagi___??seri'n F1ZR

anggara.blogspot mengatakan...

stelan angin itu yg kanan ato kiri??? :/

EM Rukhin mengatakan...

@anggara.blogspot
Yang Sebelah kiri Mas Bro, kalau yang kanan stelan tekanan langsam (gas).

dewa purba mengatakan...

masbro, merek oli yang baik untuk motor f1z saya .masbro salam kenal masbro.

EM Rukhin mengatakan...

Pada dasarnya semua oli bagus mas bro, cuma kita harus pandai pandai memilih jenis oli, kalau untuk oli mesin motor 2 tak sebaiknya yg semi syntetic misalkan yg 20w40. Untuk oli samping coba pakai eneos atau shell.

yantsatriani mengatakan...

F1 "92 ikut nyimak boz...thx

Tedi Cbt mengatakan...

Tapi pnya gua masih mrebet padahal udh di bersihin karbulator nya... Knpa yaaa??

yoyok korniawan mengatakan...

@tedi mesin brebet d awal itu PJ k gde an.. coba needle jet (jarum skep) naek in 1 strip aja..

Edy zire mengatakan...

Sangat bermanfaat informasinya buat pemula seperti saya,,,tk's bro

Poskan Komentar

Dilarang berkomentar "SARA"