16 November, 2009

Service Besar motor F1ZR

Service Besar

Berbagi cerita aja, sabtu kemaren ane rencana mau bongkar-bongkar motor entah kenapa kok tiba-tiba males banget, semua fairing udah ane buka alis entu motor udah telanjang, akhir kata ane bawa aja ke bengkel depan (Pojok Ciledug), setelah dibongkar-bongkar semua ndak taunya kruk as sebelah kanan dan kiri sudah ndak karuan bentuknya alias udah hancur. pantesan aja ini motor dibuat langsam gak pernah bisa. setelah semua diganti suara motor jadi langsam trus enak didenger juga.

Sampai akhirnya ane tanya ke mekaniknya tip-tip untuk merawat motor 2 Tak (F1ZR tentunya), emang sih sebaiknya 7-8 bulan motor harus di service besar agar mengetahui komponen-komponen mana saja yang sebaiknya harus diganti. dan knalpot 6 bulan dibersihin keraknya..

Sorri bro, kemaren ane lupa bawa kamera untuk mengabadikan bentuk kruk as yang hancur tersebut, sekalian cara bongkar pasangnya.. wah kalau kemaren bawa kamera bisa ane upload ke blog ini biar force one mania bisa ngeliat juga.

mudah-mudahan kalau ada momen-momen yang bagus bis adi abadikan di blog ini.

36 Komentar:

IAN mengatakan...

BRo btw komunitas ini biasanya kalo nongkrong/kumpul2 di daerah mna????

EM Rukhin mengatakan...

Untuk Kopdar belum ada bro...

IAN mengatakan...

kopdar apaan tuh maksudnya???

EM Rukhin mengatakan...

Kopdar = Kopi Darat alias komunitas yang face to face

Life Light Group mengatakan...

Sorry bro mau bg info aja, buat share sesama pecinta F1zr aja, siapa tau berguna

THIS IS THREAD FOR F1ZR MANIA

www.kaskus-f1zr.tk

IAN mengatakan...

bro letak membran f1zr dmananya????trus tolongin jelasin fungsi dan harganya berapa???mtor f1zr gw ska nembak2 knalpotnya,,,,,kira2 masalahnya da dmna ya????tolong di jelasin secara detail ya bro!!!!

joyadventure mengatakan...

all,, mw minta tulung nie,, gemana cara setting pompa oli,, plus foto2nya, thhx yaa

Anonim mengatakan...

ane juga mau neh.. dulu ane pernah bongkar-bongkar cuma kalau sampe dalem-dalem harus bongkar mesin sebelah kiri... wih mau ganti sil oli aja ribet juga ya?? akhirnya ane bawa kebengkel.. biaya bongkar mesin 35 ribu, harga sil 15 ribu sekalian ganti pelampung, harga pelampung oli samping 120 ribu.

arif mengatakan...

wah..!! ganti kruk as brapa duit tu ??. mau nanya juga ni,saya punya motor f1 thn 95, dulu pernah dipasang kopling tempelan/pancingan, tetapi itu udah lama dicopot. nah msalahnya sekarang klo saya pake trus saya pindahin gigi 2 atau 3 kemudian digas, mesinnya berat naik/nariknya (ngeden) dan waktu gas diturunin kya ada suara yang putus, apa itu akibat dari kopling tempelan/pancingan ??? mohon bantuannya dari temen2..

Anonim mengatakan...

ganti kruk as itu gak mahal, yg mahal malah ongkos service bongkarnya. kalo mesin ngeden mungkin kampas kopling udah aus kali, perlu diganti, atau rumahnya juga udah oblak..

Kampret mengatakan...

Bos sy pny f1zr sjak thn 2002 beli baru wrn orange. Ampe skrg msh 100% standart dart lum prnh ane apa2in. Mo tny, knp karbu f1zr sy klo malem hari ato wkt udara dingin itu karbu diluarnya keluar air dan it karbu bila dipegang dingin bgt spt es. Efeknya kdg mlepek. Udah saya setel lubang angin di bengkel yg plg ajib dikota ane jg msh tetep ja bgitu. Padahal ukuran PJ dan MJ msh standart 17,5 dan 130. Apakah f1zr emang karbunya bgitu bos, gm ya supaya g gitu tapi ukuran PJ dan MJ g ush ane ganti. Takut boros. Maklum motor ane 1 liter msh dpt menjangkau jarak 40km. Topsped 120km/j. Tlg ane dibantu bos.

EM Rukhin mengatakan...

coba PJ loe naikin jadi 25, pasti gak berembun lagi.. dijamin maknyoss

Anonim mengatakan...

bosss.......z pnya mtor f1zr 2001,trus maslahnya sma kyak mas arif tapi ditambah lagi kalo misalnya naik di tanjakan motor kayak mengaung dibagian mesin n tdak bisa naik..tu kira-kira pengaruh pa ya bosss,?????????.mohon bantuan dan saran dari teman-teman,,,

Rayc 7 mengatakan...

broter smua ada yg tau panjang stang seher klo d ukur dari pusat big end ke pusat small end?
Thank bwat info nya...

agil mengatakan...

agan 2 tulingin donk motor ane f1 thn 1996,dah over size 50,masalahnya asepnya pedih bnget trus klo dah panas ada suara druk drak di bagian boring,kira2 apanya ya?dah di bwa kebengkel nggak ada hasilnya tetep kyak gtu

Anonim mengatakan...

@agil

coba service besar bro, takutnya kalau ada suara aneh stang seher ada masalah.. service besar biayanya sekitar 67rb diluar onderdil, ane sarankan ketempat bengkel khusus 2tak bro, biasanya lebih paham ketimbang bengkel yg universal...

Anonim mengatakan...

asalamualaikum .. ! mau nanya nihh . saya punya Forceone OS 125 . trus bunyinya Ngorok , lbh besar dari pada bunyi knalpot. Apa Salah masang Membrannya yah ? Mohon pencerahannya

Anonim mengatakan...

@ Romi
asalamualaikum .. ! mau nanya nihh . saya punya Forceone OS 125 . trus bunyinya Ngorok , lbh besar dari pada bunyi knalpot. Apa Salah masang Membrannya yah ? Mohon pencerahannya

Anonim mengatakan...

@romi itu sih baut magnetnya lepas

Anonim mengatakan...

suara motor ngorok? coba cek baut magnet mungkin ada yang terlepas.. bawa ke bengkel 2tak aja bro.

Anonim mengatakan...

Saya punya f1zr 2003 . .saya geber lama 100km/jam kuk tiba2 mesin mati, klo bleh saya tau knpa brother . . .

Anonim mengatakan...

^
pernah diulas bro, mesin digeber 100km/jam tiba-tiba mati disebabkan overhead, bisa disebabkan kekurangan pelumas (olisamping) atau bensin terlalu irit. coba di cek dibengkel, btw udah oversize berapa??

Anonim mengatakan...

salam kenal brother f1zr mania, saya mau tanya nih.. saya lagi mencari fairing f1zr full body ada yg jual ga ya?

Obat Mata Minus Silinder Plus Katarak mengatakan...

Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

Unknown mengatakan...

maaf boss ane mO gnti kampas kopling buat F1Z R 2006, yg cocok dan bagus make'a apa eah, trus klo mtor suaranya ngorok, D bagian seher apa'a yg perlu D ganti, cZ mO buat jarak jauhan, wat MUDIK

EM Rukhin mengatakan...

Ganti yang ori aja mas bro, kalau plat koplingnya susah ada yg longgar untuk mengakalinya ganti pakai kampas kopling suzuki VR. Kalau motor ada suara ngorok di seher coba cek cincin pistonnya ada yg patah gak?

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Dmn kira" beli kruk as force 1 yg ori yaa brothe
Dan harga kisaran brp yaa?
Makasi agan brother semua

Citra Kirana mengatakan...

Mas Bro... F1 1996 ku kalo kehujanan karbu selalu kemasukan air. Gimana cara ngatasinnya??? thnx...

umb-bahasaindonesia mengatakan...

Bro ad yg bs bantu ane gak. Ane butuh sil pompa oli nih.

Unknown mengatakan...

Misi om.. saya punya f1z R.. baru ganti spul..
Tpi kok mogok bila mesin panas.. setiap jalan kira2 6Km mogok.. nunggu dingin mesin basu bisa hdup. Api di kabel coil bagus om..

Mohon pencerahannya om om yang dah lama punya kuda besi 2tak yamaha ini.

Unknown mengatakan...

Misi om.. saya punya f1z R.. baru ganti spul..
Tpi kok mogok bila mesin panas.. setiap jalan kira2 6Km mogok.. nunggu dingin mesin basu bisa hdup. Api di kabel coil bagus om..

Mohon pencerahannya om om yang dah lama punya kuda besi 2tak yamaha ini.

EM Rukhin mengatakan...

@ilham
Mungkin overhet mas bro, coba oli samping di setel lebih gedean agar pelumasan piston lebih terjaga.

rizki mengatakan...

Abang" ane mau tanya dong.
Ada yang tau jual seal pompa oli F1zr nya ga ?
Punya ane meler sama ga ngebalik jadi oli nya boros.
Kalau ada yang tau bisa hubungin ane di no.085778530642
Posisi ane di matraman bang jakarta timur.
Tolong bantuan nya yah abang"
Salam blaaaaaar bllaaaaaar 2tk.
Yamaha semakin di depan

Agus mengatakan...

Utk kode oli seal as kruk f1zr berapa ya? Kan ada kanan dan kiri, apa kode oli sealnya beda?

RENTAL MOBIL BINTAN TANJUNG UBAN KEPULAUAN RIAU mengatakan...

Bg saya mau nanya, saya punya motor f1zr tahun 2001, dulu saya pake blok yp-2 os 75, dulu enak banget tenaganya cuma pas pengen buat enteng saya bawa ke bengkel kencang di daerah saya, pas jadi motor saya gabisa pake saringan lagi, soalnya mesinnya gak bisa langsam jadi gak bisa butuh udara bebas (nonfilter), tapi sekarang saya pake blok y-1 os-nya masih 0.0 cuma sebelum di pasang saya liat lubang bilasnya yg kiri sama yg kanan udah di boring, saya gak tau ukurannya cuma semenjak saya pake blok ini saya kesilulitan seting karburatornya, mesinnya gak ada tenanga, cepat panas, gak bisa di bawa lari ampe 100 keatas, mohom bantuannya bg saran gimana motor kesayangan saya bisa enteng bisa di bawa ngebut 100 km/jam tapi tanpa lepas filter udara
Terima kasih

Posting Komentar

Dilarang berkomentar "SARA"