30 Agustus, 2010

Ganti CDI Yamaha F1ZR


CDI mati motor jadi ngadat
Entah ngimpi apa ane semalem, pagi-pagi abis sholat subuh nyuci motor (maklum udah 3 minggu gak dimandiin) pass udah kinclong motor distater kok gak bisa hidup… lha dalaahh, sempet panik juga lha wong motor mau diajak gawe kok malah ngadat… diselah sampe paha bengkak-bengkak juga gak mau nyala juga ini motor.. akhirnya coba diselikidik..... eh diselidiki kira-kira apa yang membuat motor jadi mati, langkah awal cek Busi, lha dalaah busi-nya gak keluar api, cek koil sepertinya masih OK, akhirnya buat kesimpulan aja kalau yang mati itu CDI.. ya wis sementara motor f1zr di istirahatkan dulu sembari nyari CDI.. nah sewaktu kebengkel mau nyari CDI dapat tawaran CDI standart atau CDI racing…. Bingung juga lha wong duitnya cekak.. CDI standart F1ZR harga 40 ribu sedangkan CDI BRT racing harga 300 ribu.. hemmm akhirnya pilihan jatuh ke CDI standart tapi yang murah, mengingat kantong lagi bolong… ane dapet CDI merk Bina Duta harga 40 riibu, ya kalo model sih sama seperti yang CDI orisinal F1ZR..

 Dulu ane juga pernah beli CDI Fukuyama, harganya 60 ribu, model juga masih standart F1ZR.. ini penampakannya CDI Fukuyama

Singkat kata, ane bongkar motor F1ZR untuk ganti CDI, letak CDI itu ada dibagian body motor sebelah kiri broo..

nah, kalo udah di telanjangin tinggal sediakan obeng untuk copot itu CDI

sekarang CDI baru coba dipasang
oh ya, pastikan sewaktu masang CDI sesuaikan warna kabelnya, kalo salah pasang bisa mleduss lhoo... dan cek lagi agar sambungannya (soket) dipastikan udah pas dan kuat nancepnya.... 

Alhamdulillah, setelah CDI terpasang motor langsung jreng lagi.. akhirnya ngacirr lagi deh Yamaha F1ZR kesayangan ane..... duh penuh pengorbanan juga ngerawat motor broooo



78 Komentar:

Anonim mengatakan...

bro.. bedanya CDI standar ma Racing paan?? trus bisa ga yah pake CDI Jupiter Z (DC)

EM Rukhin mengatakan...

^
bedanya CDI standar dengan CDI racing, output yang dihasilkan beda bro.. karena CDI racing bisa menambah sekian "ps" (tenaga kuda)... ane belum pernah coba CDI racing bro.. kalau pakai CDI Jupiter belum pernah coba juga... dulu temen ane pernah pake CDI Shogun tapi ada beberapa kabel yang ada ubahan, dan pengapiannya bagus banget..

Anonim mengatakan...

ohh gt ya.. thanks infonya sangat bermanfaat.blognya bgs tlg ttp di update ya soalnya bnr2 ga paham jg soal yang gini2an.

Anonim mengatakan...

mo tanya, kalo gnt CDI,coilnya juga harus diganti gak??

rullyeist mengatakan...

klo untuk sekedar berangkat ke kantor, kuliah atau sekolah,, klo niat ganti cdi,, mending pilih yang standar aja,, kecuali klo tuh motor brother pake balap,, atau dipake kebut2an,, ya pilih cdi racing,, yah kembali kepada tujuan si biker dan budgetnya juga,,

endadoublestuff mengatakan...

bro mw nya ni? merk knlpot racing apa yng cocok ama motor jenis fizr. kira2 hrgnya brpaan tu?

Anonim mengatakan...

^
gue pake knalpot AHRS bro, larinya enteng cma ya lumayan berisik juga... harga variatiflah.. dari 50rb hingga ratusan ribu... coba aja pakai knalpot AHM katanya sih suara lebih garing..

Anonim mengatakan...

mw tnya? klu force one thn '95 d psang kopling skaligus gnti blok msin ad efek sampingnya gak yah?
thanx

Anonim mengatakan...

pasti ada bro, efek sampingnya tarikan motor jadi galak, dan konsumsi bahan bakar lebih ngirit dikit dibanding yg otomatis.

Anonim mengatakan...

Berepa duit ya kalu mau pasang kopling tangan untk force one.

Anonim mengatakan...

^
kalo cuma ngerubah blok mesin, cuma abis 150rb...
kalo sampe ganti blok mesin sampe 450rb.

Anonim mengatakan...

Mo tanya bro kl motor f1zr. mrebet trus kira2 apanya bro?

Anonim mengatakan...

Coba motornya diserpis dulu....
Nanti kan di settingin sama bengkelnya....
Coz banyak penyebabnya....
Klo mesin (pengapian) udah diubah tapi knalpot masih standar...pasti brebet juga...
"mohon ditambahkan suhu2..."

Anonim mengatakan...

saya punya fiz-r 1997, pengennya mau modif jadi trail. kata temanku mesti menata ulang rangka belakang dengan beberapa pemotongan rangka. kira-kira bisa bantu memberi gambar rangka asli dan rangka yang sudah ditata ulang? tlg diemail ke budipratomo45@yahoo.co.id
trims sebelumnya.

Anonim mengatakan...

Mo tanya nie, saya punya F1ZR tapi semi kopling. yang mo saya tanya, apa bisa klo F1ZR saya diganti jadi full kopling....

terima kasih...

Anonim mengatakan...

saya punya F1ZR tapi koplingnya pke bkan orsil pakenya FR,lo d ganti yang ori kira" bs tmbah ga tenagane?

ided mengatakan...

mtr sy f1zr thn 2000 sampe 2kali mati cdi trus akhirya sampe ke spul jg kene gmna ya bos?mnrt bgkl2 ktnya hrs pak yg ori cm mengngat dana terbts jd gmna solusinya....?

Anonim mengatakan...

@ided
banyak sebab bro, kalo spul sebaiknya gulung aja ketukang service dynamo, untuk CDI yang murah ada kok 35rb-an, kalau untuk coil juga ada yang murah2. nah kalau untuk kiprok sebaiknya yang ori, karena nyangkut ke masalah supply elektrik, harganya sekitar 100rb-an untuk kiprok force one yang orisinil.

Anonim mengatakan...

bro mo tnya nh.
ane pnya f1zr th '97, nah pistonnya udh pke RXS over size 25. sblm krter sih trikan enteng, eh skrag trikan awalnya ilang. ane udh cb cdi king, mlh ga bs jln tuh mtor. skrg ane pke cdi F1Z indopart. biar bagus apanya lg y yg d gnti.? karbu dh pke king.
deri_mardiana@yahoo.com

Anonim mengatakan...

^
Coba pakai CDI BRT bro, tarikan pasti yahutt.. pilih CDI yg unlimitter

Anonim mengatakan...

mang klo bis di kolter mtor suka ga da tarikan nya ya..????

Anonim mengatakan...

bro mau tnya nich
mtr f1zr th'2003 ane tiba2 mti setelah di cuci...
n skarng mlh mti total, apa sebabnya tuch? apa kelistikanya / cdi-nya kna air yach.ane jg sempat binggung soalnya kmrn mash bsa nyala.
thx bro
mta solusinya yach
waluyozhaky@yahoo.com

Anonim mengatakan...

^
Coba cek pengapiannya dulu bro, kali masih ada api di Busi masih bagus itu motor, kalo pengapian kecil kemungkinan CDi sudah lemah atau KOIL nya, kalau pengapian tidak ada sama sekali kemungkinan spulnya kena air (Korsleting).

Anonim mengatakan...

hai bro ........,mau tnya2 nie ...saya punya f1zr 2003, tu mtor krang lw di bwa ngbut, lw mnrt u bro apnya yg bsa kta rombak ya , apa pengapiannya kta rombak aj, trus gmna slnjutnya............

Anonim mengatakan...

banyaklah bro yang perlu kita kotak-katik agar motor bisa lari sekencang kuda sumbawa, pengapian juga sangat dominan, selain itu setelan karburator sama pembuangannya. coba bawa ke bengkel khusus 2 tak biar dipermak motor loe bro..

ided mengatakan...

kembali curhat lg nih.... mngnai cdi yg srg mati yng berimbas ke spul jalan jg mati sampe 2kl. selama 2kl ganti cdi memang sy pake yang mitasi maklum kantong terbatas, jd gmna solusinya

rudi mengatakan...

kok CDI kamu pasang di ditu bro....

Anonim mengatakan...

hai bro,gua punya motor f1zr thn 2002,tu motor da oversize 0,75!
da gtu knalpot da gua ganti ahm,tpi knpa pas gua gas dalam gigi 1 dia malah mrebet(suaranya gak enak)dah gtu kurang kontan
tolong masukanya bro
thanks!

EM Rukhin mengatakan...

setelan anginnya bro, atau spuyernya kegedan, jadi ngowos..

andi mengatakan...

gan mau tanya ni..

knapa coil motor F1ZR ane koq ga ada api nya ya?
apa CDI nya uda rusak?
twrus gimana cara ngecek CDI masih berfungsi atau ga lagi

nauval2007 mengatakan...

nice blog bro... satu tema sama blog ane ni...
ngomong-ngomong gimana adakah kemajuan dengan cdi jupiter di fizr? Ane coba ndak berhasil...

EM Rukhin mengatakan...

@nauval2007

Sorri bro, ane belum pernah nyobain CDI jupi dikawinin di F1ZR, jadinya belum bisa jawab neh.
he he

asya mengatakan...

gan yang gan.. lau CDI shogun kebo bisa diadopsi ga ke myfizer

hydanoera mengatakan...

sekedar info mas bro..CDI Shogun Kebo (Shindengen)bisa dipake di FIZR 2003 ane, dengan sedikit modif di kabel pulser.., api di busi lebih gede..tenaga motor juga lebih oke.., lebih mantabb rasanya..FIZR pake CDI DC..

mazjoz mengatakan...

mo nanya nhe mas bro,, knalpot yg mas bro pakai AHRS itu dulu nya beli baru siap pasang apa mas bro bobok lagi,, gw beli AHRS baru kok bunyi nya gak marem ya..

EM Rukhin mengatakan...

@mazjoz
Ane beli 2nd mas bro, dulu waktu pasang pertama kali juga gak garing suaranya, trus ane bakar biar keraknya luntur, untuk silincer gue seselin gaswool ampe penuh,jadi suaranya garing banget..

mazjoz mengatakan...

@ EM Rukhin
yang di bakar saringan nya atau knalpot nya mas bro... makasih atas info nya

Anonim mengatakan...

f1zr gw udh lmyan.bwt hri an udh tmbus 120km.cma gnti pngapian doank.tpi kok klo klewat pnas mtor gw ssh nyala.itu knpa yah?tlong info na bro.

jeffry mengatakan...

Brow ad kgak cdi rextor bt f1zr?ane cri kok ssh bgt!!!

Unknown mengatakan...

klo pke CDI racing bisa brp larinya?

si jago merah mengatakan...

gan tolong tanya gan F1ZR'02 ane akhir2 ni susah di idupin pas pagi,,,,apa oli mesin,ato oli samping nya n businya?trimmm.....

EM Rukhin mengatakan...

coba oli mesin diganti yg 20/40.. dan pilotjet ganti ke 17,5..

yudi mengatakan...

sedikit info aza kl aq motor trail fiz96 ku aq garti dengan cdi susuki RC tarikan jd ngacirr,,,,,,,,,,,,,

pop mengatakan...

my force one abis di gnti busi racing larinya kyk kuda...
tp klo udah kpanasan knp agak susah ngidupin nya ya?

Anonim mengatakan...

@pop

itu mah overhead

pop mengatakan...

oh gitu ya..
jadi hrus istirahat sejenak...

pop mengatakan...

ohh yaa,,, CDI racing yg cocok di force one apa ya??

uchutt mengatakan...

numpang tanya om walaupun jarang di balas.... :D
F1zr saya thn 2003 OS 100, sering mati kalo terlalu panas, terus larinya gak ada bangett centokan pertama apa lagi kagak narikkk, padahal MJ uda pake RX King... kata bengkel saya sih pengapiannya kurang. mesti ganti CDI. apalagi mengingat motor jadi penyakitan gini gara" di mandiin di guyur jadi mati, kadang susah nyala....
Pernah #pengalaman paling pahit, masa F1ZR saya kalah sama BEAT dan MIO itu mereka standaran loh.... gua pengen nangis ngerasa di ejek...
pokoee aku pengen balas sama mereka, pengen buktiin kalo F1ZR itu tangguh..... (y)
#tolong dong buat para master infonya di share / Email : Uchuttsarchutt@gmail.com..
tak tunggu infonya masta...

Obet mengatakan...

Lampu netral, frish sm oli motor ane mati bos. udah ganti baru ttp aje ga hidup. kira2 apanya bos???

Fauzi achmad mengatakan...

Mau nanya masbro,lau kiprok kurang bagus tau imitasi pengaruh gak ma pengapian? Lw bisa bntu krim email ke a_pudjie87@yahoo.co.id

Syahrul mengatakan...

Motor ane gak ada apinya padahal baru ganti cdi...
Kira2 darimana lg penyakit nya ya

EM Rukhin mengatakan...

@Syahrul

coba spulnya juga dicek, karena sumber api (elektrikal) itu selain dari CDI juga berasal dari Spul (dynamo.

EM Rukhin mengatakan...

@Obet
Mas bro, sorri baru bales, kalau lampu indikator mati biarpun udah diganti baru, kemungkinan switch/relay yang menuju lampu indikator itu udah gak berfungsi, jadi biarpun lampu udah diganti baru tetep aja gak nyala, coba periksa kabel body yang menuju switch lampu netral sama switch pompa oli samping.

Unknown mengatakan...

Mau tanya gan, harga cdi ori & kiprok ori brapa ya??

akbar mengatakan...

katanya pake cdi dan magnet punya crypton f1zr larinya jadi kenceng bner ga? ada yg uda nyoba?
sklaian mau tanya f1zr lebih cocok pake karbu pe24 apa rx king? soalnya pake karbu ori ane kurang lepas tenaganya

Aji Sarasmukti mengatakan...

saya pnya fiz r `97. larinya udah g kaya dulu. gmn cara biar tenaga & top speednya bisa kaya dulu lagi?

EDHY DHANILL mengatakan...

ass mas bro...Qpunya mtor fiz r thn 2000.
tpi trikan 1 - 2 nya gk ad, 3- 4 nya ru naik.
padahl da zize 100,tutup blok da di papas, kampas koplin pke tdr per koplin pke tdr rsking, karburator pke rsking jg,,
tpi kok larinya masih lalot.
tolng srnya,ap perlu rombkan lagi

Obat Mata Minus Silinder Plus Katarak mengatakan...

Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

Anonim mengatakan...

Mas bro !gosip2 ny cdi brt cpt mati pha benar mas bro. Oya cdi original fiz r kira2 brapaan ya harganya

Anonim mengatakan...

Mas bro !gosip2 ny cdi brt cpt mati pha benar mas bro. Oya cdi original fiz r kira2 brapaan ya harganya

EM Rukhin mengatakan...

CDI BRT cepet mati? gak juga bro, mungkin pengapian dari spulnya yang kurang beres, mungkin ada supply yang berlebihan jadi bikin over supply ke CDInya.
kalau harga CDI original Yamaha F1ZR terakhir ane beli 250ribu (bengkel di daerah Ciledug Tangerang)

haris bhojoes mengatakan...

blh gak cdi rxking dipasang pada yamaha fiz

Anonim mengatakan...

@haris bhojoes

bisa aja mas bro, asal penyambungan kabelnya bener, kalo gak sesuai bisa kebakar.

haris bhojoes mengatakan...

klu cdi rx king dpasang di yamaha fiz, gmana cara sambungan kabelx mas... Slx warna kabel dri spul fiz beda dngan cdi rx king. Mhn bantuanx brow...

Anonim mengatakan...

bos motor ane suka btuk.batuk nih kalo di pake kenceng.
apa yah masalahnya


Anonim mengatakan...

Ganti CDI FIZR bagusnya pke apa ya milik mtor lain? yg bisa tambah kenceng larinya....??

Anonim mengatakan...

saran dikit dari ane gan.
mending spulnya fiz r ganti pake rxking aja+cdi nya juga pake yg ori.
kalo dari spul tinggal diserahin aja ke tukang bubut, ada rubahan dikit.
trus rubah juga yg ke lampu kalo bisa jangan d pake, soalnya kalo d pake kenceng lampu takut gampang putus.
tp kalo masalah tarikan, ane jamin mau kaya sgimana mesin d korter juga kelistrikan tetep ngedukung daah

smoga brmanfaat bro

Anggie Kurniawan mengatakan...

bang, mw tanya ni, lo fiz r waktu gigi tiga nya gak narik t karna apa ya,?
mohon infonya,,

EM Rukhin mengatakan...

^
Maksudnya gak narik seperti apa? kalau masuk ke gigi 3 terus suara mesin hanya meraung-raung itu artinya kampas kopling sudah aus (tipis) harus diganti.

Anonim mengatakan...

mau nanya mas,,,kiprok mati pada f1zr,pengaruh ga pada pengapiannya?,,makasi

EM Rukhin mengatakan...

Kiprok itu fungsinya lebij untuk stabilisator arus, misalkan untuk lampu, aki, dll.
Kalau untuk pengapian lebih ke CDI.
CMIIW

dika mengatakan...

bro...gue mau tanya nihh...
FIZR 97 gue aneh...piston standar kok bisa ngalahin satria 150...?itu kenapa ya bro?gue jadi takut ama motor gue

pliss koment....

randi setiawan mengatakan...

bro dika..... F!ZR punya anda top speednya brapa?....

Anonim mengatakan...

Bro dika...satrianya gak pke gear blakang mngkin itu

Natasya Yuda mengatakan...

mau tanya mas bro,foerce1 ane klo d gas banter kok tensionernya lama turunnya knpa ya..?
pasti suaranya teng...teng...teng...teng...
mohon infonya dengan jelas..

Anonim mengatakan...

saya lagi cari karburator fizr ori tahun 2002 dan cdi asli'y kira" nyampe brapah harga'y....
mohon info'y

Anonim mengatakan...

Karbu ori f1zr klo gak salah 600rb.
CDI ori sekitar 350rb.

Lebih jelasnya coba tanya kebengkel resmi yamaha bro

Anonim mengatakan...

Mending pke cdi standart tokoan seperti bina part( cdi dc punya satria 2tak ) untk sumber dc 12 ambil lewat kbel kunci kontak. Tp dengan pengertian tonjolan pick-up pada magnet bagian depan dikurangi (di buat jd 30cm aja tp bagian depan di pangkas) di jamin f1,f1z,f1zr pux ane bakalan bertenaga. Bensin irit, ruang bakar jadi brsih.(setingan karbu harus di seting ulang / agak di borosin dikit agar busi g mudah meleleh serta g keiritan)

Poskan Komentar

Dilarang berkomentar "SARA"