05 Agustus, 2010

Mengenal mesin 2 tak


Bagiamana Mesin 2 Stroke bekerja ?

Lanjut lagee ah...... masih seputar njerohan mesin, tapi kali ini yang dibahas mesin 2T, kenapa 2T  ?? lha wong motor Yamaha F1ZR juga motor 2 Stroke, monggo dibaca infonya siapa tahu berguna tho??  gambaran singkat mengenai bagaimana mesin 2 stroke bekerja, dan akan difokuskan terutama pada desain khas untuk mesin nitro rc. Namun, prinsip-prinsip mendasar mesin 2 stroke masih sama. Lha terus proses kinerjanya  seperti apa ? Kurang lebih seperti ini ;  Saat piston naik ke atas, ini menciptakan ruang hampa / hisap di daerah crankcase mesin. Udara & bahan bakar dicampur dalam karburator dan kemudian ditarik ke dalam mesin 2 stroke melalui port inlet crankshaft. Udara / campuran bahan bakar kemudian melakukan perjalanan melalui bagian dalam crankshaft. crankshaft ini berongga pada jenis ini mesin nitro rc, dan hal ini bertindak sebagai bagian transfer / terowongan antara karburator dan crankcase. Sebagai crankshaft berputar, inlet port crankshaft ditutupi dan kemudian terungkap. 


 Nah waktu berputar, crankshaft ini bertindak port inlet sebagai katup putar untuk jenis mesin 2 stroke.

Saat piston turun, crankcase bertekanan sebagai bagian bawah piston akan ke bawah dan mengkompres udara / bahan bakar campuran di crankcase bawah. Saat piston bergerak lebih bawah, port inlet di dinding silinder ditemukan dan udara bertekanan / bahan bakar campuran dipaksa ke ruang pembakaran.  crankshaft terus berputar dan piston mulai bergerak ke atas, lebih banyak udara & bahan bakar ditarik ke dalam bak mesin tersebut. Pada saat yang sama, udara / campuran bahan bakar yang terjebak di atas piston di ruang bakar dikompresi.  Kemudian percikan api akan membakar plug udara / campuran bahan bakar. Bila piston bergerak ke bawah, maka knalpot  akan membuang gas yang dihasilkan tadi  (sistem pembuangan.). 



piston terus bergerak ke bawah, lebih banyak udara / campuran bahan bakar yang bertekanan dan mendorong ke pembakaran melalui port inlet. Kemudian siklus dimulai lagi. Sistem pembuangan mesin 2 stroke adalah kunci  yang penting untuk memaksimalkan kinerja. 



Sebuah mesin 2 stroke menghasilkan 1 daya untuk setiap 2 siklus, Pada mesin 2 stroke, ada siklus kekuatan untuk setiap revolusi crankshaft.  Nah kenapa mesin 2 tak itu lebih kuat (cepat) dari mesin 4 tak.  

Kalo bicara enaknya seperti ini ;  2 putaran dapat 1 tenaga… untuk mesin 4 tak,  4 putaran baru dapat 1 tenaga…  karena mesin 2 tak ini punya sifat yang pembakarannya secara langsung jadinya harus berasap… tapi dari segi maintenance 2 tak lebih simple disbanding mesin 4 tak (menurut saya lho ya?)

Referensi :  www.rc-trucks.org

7 Komentar:

Oky ALFA R mengatakan...

Hummmmmmmmmh..........

PREMIUM...
Eh, PERTAMA X Dink....

Itu sebab.e kenek opo akselerasi 2 tak lebih cepat di banding 4 tak.

Aziz Syn's Sullivan mengatakan...

Gogogogo, btul bnget tuh, Motor saya suzuki Tornado taon 97 msh bs brlari nyaris 130 km/jam gila kn...
Bukan hanya itu spontanitas saat start nya pun emank lbih oke 2 tak lho bro...

hoili mengatakan...

memang motor 2T mudah perawatannya jg sper part nya jg murah ga terlalu byk komponen.macam klep dan noken as.rantai keteng

Anonim mengatakan...

Wualah padene ora duwe duit nggo tuku mongtor 4 tak be....ngaku wae gan..

Anonim mengatakan...

2T emang kencang, tapi supirnya sanggup gak bawa lari kencang???

ghalat mengatakan...

mesin 2T lbih spontan dan ditambah dengan suaranya yg mantep..n lbih ok

Anonim mengatakan...

"Wualah padene ora duwe duit nggo tuku mongtor 4 tak be....ngaku wae gan.."

@yg komen tsb :

emang 2tak murah ya ? ambil contoh sesama 150cc deh , 4tak 150cc diwakilin vixion , 2t 150cc biasa diwakilin ninja R aja deh , jgn RR , coba lihat mahal masa mas ?

coba deh lihat pasaran hari ini , pasaran rx king ninja , tiara , 125z dll berapa .. bisa tercengang ente ;)

dan jaman skrng pula , kebanyakan yg pny 2tak memang pny motor lbh 1 , motor 2t itu cuma utk hobby , emangnya ente yg cuma pny motor 1 4t aja ? ente kali yg gk pny duid buat beli motor 2t buat maen , cucian dehhh ...wkwkwkwk

Posting Komentar

Dilarang berkomentar "SARA"