01 Oktober, 2010

Pasang Accu Kering

Udah lama gak ketak-ketik neh, minggu lalu ane kepikiran untuk ngidupin elektrik starter motor f1ZR, tujuanne ya biar gak capek pakai kick starter alias engkol kaki, setelah dicek sana-sini akhirnya ada hasil, semua masih mulus alias masih berfungsi normal kecuali accu (aki). Setelah semedi bentar akhirnya diputuskan membeli accu kering (aki kering), ya mengingat motor ane yang sudah pakai footstep underbond. permasalahanya kalau pakai footstep underbond kalau mau isi air aki harus mencopot knalpot dulu baru bisa diambil aki-nya…. Setelah pertimbangan itulah diputuskan beli aki kering, untuk segi harga tidak mahal-mahal amat dibandingkan dengan aki biasa. Kemaren ane beli accu merk “Basswood” harganya 95 ribu. Tergolong masih memenuhi criteria kantong.

Untuk accu kering merk Basswood ini rupanya ada teknik sendiri untuk menggunakannya, tidak seperti aki kering pada umumnya, karena sebelum dipasang harus di isi air dulu, nah biar lebih jelas ini ada gambarnya ;



Penampakan tempat aki untuk motor F1ZR,
 karena terganjal footstep dan harus mencopot knalpot, maka harus pakai accu kering 

Penampakan Accu Kering merk "basswood"

Sebelum dipasang, accu harus diisi air, buka tutup accu-nya 


ini air accu yang harus di isikan dan harus habis semua.


Tancapkan air accu tersebut kewadah accu


Lalu tekan dengan kuat agar tutup air accu tersebut sampai sobek

Lalu diketok-ketok sambil dipencet-pencet, agar air accu bisa masuk semua


Setelah selesai, pasang deh accu-nya


Jangan lupa baut untuk (+) dan (-) dikasih jel, agara tidak karat

wuuh, akhirnya motor ane bisa hidup lagi elektrik starternya... ya setidaknya bisa nyimpan tenaga kalo pas kondisi jalan macet, pas motor mati tinggal starter deh gak usah pakai engkol...  seeppp

34 Komentar:

Anonim mengatakan...

Om, ane jg sama pake F1ZR 2003.
Dulu pernah pake aki kering cma lupa lg merek nya..
Cma tahan sktar lebih kurang 4 bulan.. Entah kenapa aki th cpt soak.. Yg kdua kalinya jg sama pake aki kering n dbedain merek nya.. Sama jg, malah cma tahan 3 bulan... Entah knpa jg.. Akhrnya pake aki basah lg ampe skarang.. kyanya Mungkn karena proses carger nya.. Skdar info aja sh.,

Om, klo ntu aki sukses tahan lama, d posting ya, coz ane jg pengen bngt gnti pake aki kering sama alesannya kya situh, tp kndala nya pengalaman ane yg buruk pake ake kering.. Thanks..

Anonim mengatakan...

Kalau tidak awet, kiprok-nya ada yang salah, ane dulu juga pernah begitu, baru pakai aki kering seminggu langsung jebol, terus akhirnya suruh ganti kiprok yang orisinil, sampai sekarang masih bisa tuh aki kering-nya, udah 1,5 tahun malah...

belajar ngeblog mengatakan...

wah harga akinya sm ama aki basah gan gw baru beli GS premium 95 rebu

rizal_donat mengatakan...

alo sesepuh semua, mau tanya nich mtr ane f1 th 2002, head udh dipapas 3 ml,seher oversize 50, intek udh ane gedein sekalian ama crangcashnya, spul pake lilitan sendiri,cdi pake shindengen, mahnetnya udh dibubut, laher kruk as pake c4, karbunya dah ane lemer dikit,nah pj ama mj yang pas brp yaa... soalnya ane pusing nich... ngebrebet mulu atw pas masuk gigi 3 langsung ngorok...
tolong yah sepuh semua bantuiiiinnn
makasih sebelumnya

Anonim mengatakan...

coba di cek koil ama cdi mungkin gak kuat to suplay minyak yg gede...

Anonim mengatakan...

Bro F1 mania.. gw mo nanya.. kl MEMBRAN V-FORCE 3 VALVE berapa ya sekarang hrgnya???

Anonim mengatakan...

om sya minta emailnya dong .
klo g add ym saya mizta_nubuz@yahoo.co.id

dtgu y om .

EM Rukhin mengatakan...

^
emruxc@gmail.com

Anonim mengatakan...

tenkyu om .
jadikan saya bisa tanya lebih banyak mengenai fizr . hehehe

Anonim mengatakan...

Skedar kasih tau ya gan, di sebuah dealer yamaha di kawasan JATIM msh ada 1 buah motor F1ZR keluaran tahun 2005 warna orange yg blm laku smp skrng alias msh perawan.
Trus aku coba tnya harganya, busyet! Trnyata harganya msh minta 11jt.

Anonim mengatakan...

Hallo suhu2 yg trhormat, ane mau nanya ya? Gmana ya caranya ngrubah strom kelistrikan di motor Force 1.
Mksdnya gini.. Dulu motor ane di ubah stromnya wkt ane bawa ke bengkel, krn wkt itu aki motor ane mati, jadi strom motor ane langsung ngambil dari spul tanpa melewati aki, kata tukang bengkel itu. Trus skrng ane berencana mau pasang aki lg, tp ane bingung, akinya ga bisa nyambung2 stromnya. Kira2 di sebelah mana ya ngrubahnya itu? Makasih sblmnya.

Oky ALFA96 mengatakan...

Lama gk buka2 ttg motor.

Hmmm... Aki kering? Menarik jg tuch.

Ow.taw footstep Underbond? Masih awam aku ttg itu (bocah gublux).
Tolong dunk... Buat judul sendiri ttg FOOTSTEP UNDERBOND nya biar lebih paham, letak, fungsi, kelebihan + kelemahan.

Bwt Bro EM Rukhin Konsumsi BBM + Oli F1ZR na gmana skrg?
BBM 5rb=...km
Oli 800cc=...bln gt.

Bagus lg kalo ada kumpulan foto2 F1ZR Bro2 sekalian... Biar lebih mangstabh...(halah kakehan komen)
Maturnuwun.Jeck.

Anonim mengatakan...

Hallo bro2 F1 Mania semua! Mau tanya ya? Kenapa ya akhir2 ini FIZR aku susah bnget buat naik tanjakan, naik sdkit aja udah ngeden banget, tp kalu udah di jalan yg datar, tenaganya jadi keluar lg, kira2 krn apa ya? Trims.

Anonim mengatakan...

^
Kampas koplingnya udah aus/tipis kali bro, ganti aja biar tarikan gahar lagi.. coba pakai plat kopling suzuki VR, cuma rumah kopling juga harus di tipisin dikit...

Anonim mengatakan...

Iya bro, ntar ane coba ganti kampas koplingnya, kira2 habis berapaan ya?

Anonim mengatakan...

Permisi Gan salam kenal buat lover F1ZR, saya juga pecinta F1ZR, Tapi saya Mau Jual Motor Kesayangan Ane tahun 2003, Kalo ada Yang berminat, Udah Spek Racing Underbone Full :
- Knalpot Kolong CMS Masih Mulus.
- Pengapian Total Loss Koil RM 85, CDI Shogun 91, Masih berfungsi baik Atas maupun Bawah.
- Karbu Kotak 24 MM Asli Japan.
- Intek Kodok Racing, Valve Membran Racing.
- Gas Spontan Daytona Asli Jepang Model Tipis.
- Blok Bagus, Over Size 25, Bearing High Speed jenis keramik merk FAG.
- BPKB OK, PAJAK mati 2 Tahun
- Oli samping Motul Racing dan BBm Pertamax Plus
- cakram depan TZM masih Mulus Bgt

Kekurangannya :
- Tali Gas Putus
- Aki Tidak Ada.
- Terakhir dihidupkan 5 Bulan Yang lalu( Mesin masih enak ngga pernah dipake, baru di tes 6 dari baru, emang untuk hobby doang motor kenceng tapi ngga berani)

Pokoknya Ngga Nyesel deh Motor bagus banget full modif racing Mulus.
Kalo minat ane mau jual Rp 4.500.000 Jt (nego)
CP : HADIYANTO ( 02131046103, 082111309782)(Bekasi)

Anonim mengatakan...

bro tuh jel anti karat yg lo pake merek apa?beli dmana?

poswankutelu@yahoo.com mengatakan...

Hidup force1 110!!!!

Salam sodara2 smua,,,

Kampas kloping poswan kira2 25 rebon (selembar), klo ga sala kampasna da lima lembar,,,,

Klo pake kampas suzuki FR (ato VR ya??) dijamin murah abis,,, 30 reboan dapat 7 lembar kampas,,,

Performana,,, aku pernah pake kduana,
pilih eang atas,,,

Anonim mengatakan...

ane mah lebih nyaman pake kickstarter.

Anonim mengatakan...

Mau tanya: Kalau motor force one akinya gak dipake bakalan ngerusak gak? Trims.

Anonim mengatakan...

@^
maksud gak dipakai itu gimana bro? setahu ane aki itu hanya untuk elektronik aja, starter dan lampu gak lebih dari itu..

rudi mengatakan...

jelek amat .......
sama aja tetap pake aki.
aki kering langsung buang kalo udah ngak bisa lagi.
mana bza di cas

Anonim mengatakan...

klo msih ngorok pda putaran tnggi...,bensin harus d campur oli samping,,..jd tdk hnya ngandelin dri oli samping ja..,bensin pun harus d campur...,soo...klo udah full racing...,oli samping pun hrus bertambah,,gak cuma d samping..,tp d bensin jg....,hehee...klo gk tkut d coba jaa...,pastinya gk bkalan ngorok lg tu F1 nyaa...

Anonim mengatakan...

Hualah koq motor pembawa asap masih pada ngrawat ya..boros lagi, em ga punya duit beli yang 4 tak gan kacian deh loe... ga tau ada ADIRA and FINANCE-@ yang lain ya..?

Anonim mengatakan...

Hari gene masih pake sumber polusi,... kampungan kale.. dah ada Yupiter MX gan..? tanya tuh di dealer yamaha terdekat. Kaishan dong ama karyawan yamaha kalo motor tua di rawat terus,ntar makan apa mereka...
Kwk...6X

Anonim mengatakan...

^
Loe kali yg kampungan, motor baru nyicil aja belagunya..

Anonim mengatakan...

lumayan lah gan klo bisa nyicil, paling2 juga motor pinjaman, atau punya nyokap yg di pakai

Unknown mengatakan...

motor f1zr saya pke aki basah bisa kok,, underbund lg,
ngisi nya tinggal pme selang aja rebess dh,,

Supra Mbelgedes Benz mengatakan...

lam knal,aq supran.
aq pngen nambh wwasan ttg 2 TAK n nmbh tmen,mnkn yg aq pnya egk sprt anda skalian F1ZR or FORCE 1.
2 TAK pny q thun 1989 (yamaha alfa)oprekan kopling tangan,seher force 1 std,knalpot F1ZR mitasi(laenya msh asli ALFA pny).

pnh aq tes sma RX-KING std alhmdlillah msh unggul pny q,dg jarak 300mtr.

tp...?yg msh kurang bwt q,gmn y spaya kopling rubahan q empuk kya bakpao......?

tlong bagi ilmuny?n ni @MAIL ma FB q.

supranoto18@yahoo.co.id

supra chow peng


bwt masukanya aq ucapin bnyak2 terima kasih

krishna mengatakan...

klo misalnya tempat penaruhan aki nya agak mreng gimna yaa???

Anonim mengatakan...

ane tertarik sm merk akinya, BASSWOOD kayaknya merk dari amrik ya? belinya dmn ane pgn cb buat motor ane. thx sblmnya gan

EM Rukhin mengatakan...

Belinya di daerah ciledug tangerang mas bro.

Bloggerwan mengatakan...

Meski motorku bukan Ymh tapi ini nambah pengetahuanku banget terutama soal aki.

Dedie Irawan mengatakan...

mantap

Posting Komentar

Dilarang berkomentar "SARA"