30 Agustus, 2010

Ganti CDI Yamaha F1ZR


CDI mati motor jadi ngadat
Entah ngimpi apa ane semalem, pagi-pagi abis sholat subuh nyuci motor (maklum udah 3 minggu gak dimandiin) pass udah kinclong motor distater kok gak bisa hidup… lha dalaahh, sempet panik juga lha wong motor mau diajak gawe kok malah ngadat… diselah sampe paha bengkak-bengkak juga gak mau nyala juga ini motor.. akhirnya coba diselikidik..... eh diselidiki kira-kira apa yang membuat motor jadi mati, langkah awal cek Busi, lha dalaah busi-nya gak keluar api, cek koil sepertinya masih OK, akhirnya buat kesimpulan aja kalau yang mati itu CDI.. ya wis sementara motor f1zr di istirahatkan dulu sembari nyari CDI.. nah sewaktu kebengkel mau nyari CDI dapat tawaran CDI standart atau CDI racing…. Bingung juga lha wong duitnya cekak.. CDI standart F1ZR harga 40 ribu sedangkan CDI BRT racing harga 300 ribu.. hemmm akhirnya pilihan jatuh ke CDI standart tapi yang murah, mengingat kantong lagi bolong… ane dapet CDI merk Bina Duta harga 40 riibu, ya kalo model sih sama seperti yang CDI orisinal F1ZR..

 Dulu ane juga pernah beli CDI Fukuyama, harganya 60 ribu, model juga masih standart F1ZR.. ini penampakannya CDI Fukuyama

Singkat kata, ane bongkar motor F1ZR untuk ganti CDI, letak CDI itu ada dibagian body motor sebelah kiri broo..

nah, kalo udah di telanjangin tinggal sediakan obeng untuk copot itu CDI

sekarang CDI baru coba dipasang
oh ya, pastikan sewaktu masang CDI sesuaikan warna kabelnya, kalo salah pasang bisa mleduss lhoo... dan cek lagi agar sambungannya (soket) dipastikan udah pas dan kuat nancepnya.... 

Alhamdulillah, setelah CDI terpasang motor langsung jreng lagi.. akhirnya ngacirr lagi deh Yamaha F1ZR kesayangan ane..... duh penuh pengorbanan juga ngerawat motor broooo



05 Agustus, 2010

Mengenal mesin 2 tak


Bagiamana Mesin 2 Stroke bekerja ?

Lanjut lagee ah...... masih seputar njerohan mesin, tapi kali ini yang dibahas mesin 2T, kenapa 2T  ?? lha wong motor Yamaha F1ZR juga motor 2 Stroke, monggo dibaca infonya siapa tahu berguna tho??  gambaran singkat mengenai bagaimana mesin 2 stroke bekerja, dan akan difokuskan terutama pada desain khas untuk mesin nitro rc. Namun, prinsip-prinsip mendasar mesin 2 stroke masih sama. Lha terus proses kinerjanya  seperti apa ? Kurang lebih seperti ini ;  Saat piston naik ke atas, ini menciptakan ruang hampa / hisap di daerah crankcase mesin. Udara & bahan bakar dicampur dalam karburator dan kemudian ditarik ke dalam mesin 2 stroke melalui port inlet crankshaft. Udara / campuran bahan bakar kemudian melakukan perjalanan melalui bagian dalam crankshaft. crankshaft ini berongga pada jenis ini mesin nitro rc, dan hal ini bertindak sebagai bagian transfer / terowongan antara karburator dan crankcase. Sebagai crankshaft berputar, inlet port crankshaft ditutupi dan kemudian terungkap. 


 Nah waktu berputar, crankshaft ini bertindak port inlet sebagai katup putar untuk jenis mesin 2 stroke.

Saat piston turun, crankcase bertekanan sebagai bagian bawah piston akan ke bawah dan mengkompres udara / bahan bakar campuran di crankcase bawah. Saat piston bergerak lebih bawah, port inlet di dinding silinder ditemukan dan udara bertekanan / bahan bakar campuran dipaksa ke ruang pembakaran.  crankshaft terus berputar dan piston mulai bergerak ke atas, lebih banyak udara & bahan bakar ditarik ke dalam bak mesin tersebut. Pada saat yang sama, udara / campuran bahan bakar yang terjebak di atas piston di ruang bakar dikompresi.  Kemudian percikan api akan membakar plug udara / campuran bahan bakar. Bila piston bergerak ke bawah, maka knalpot  akan membuang gas yang dihasilkan tadi  (sistem pembuangan.). 



piston terus bergerak ke bawah, lebih banyak udara / campuran bahan bakar yang bertekanan dan mendorong ke pembakaran melalui port inlet. Kemudian siklus dimulai lagi. Sistem pembuangan mesin 2 stroke adalah kunci  yang penting untuk memaksimalkan kinerja. 



Sebuah mesin 2 stroke menghasilkan 1 daya untuk setiap 2 siklus, Pada mesin 2 stroke, ada siklus kekuatan untuk setiap revolusi crankshaft.  Nah kenapa mesin 2 tak itu lebih kuat (cepat) dari mesin 4 tak.  

Kalo bicara enaknya seperti ini ;  2 putaran dapat 1 tenaga… untuk mesin 4 tak,  4 putaran baru dapat 1 tenaga…  karena mesin 2 tak ini punya sifat yang pembakarannya secara langsung jadinya harus berasap… tapi dari segi maintenance 2 tak lebih simple disbanding mesin 4 tak (menurut saya lho ya?)

Referensi :  www.rc-trucks.org