22 Oktober, 2012

Kinerja mesin 2 tak


Lanjut lagi mas bro untuk mengenal lebih dekat lagi njeroan motor kesayangan kita Yamaha F1ZR alias motor 2 stroke (2 tak), artikel ini bersumber dari motomodif-world.blogspot.com. semoga bertambah lagi wawasan atau pengetahuan tentang mesin 2 tak. Kalau sudah tahu alur mesinnya bisa untuk belajar korek mengorek mas bro…

Langkah kompresi dan langkah hisap
Pada langkah ini dalam motor 2 tak terjadi 2 aksi berbeda yang terjadi secara bersamaan yaitu aksi kompresi yang terjadi pada ruang silinder atau pada bagian atas dari piston dan aksi hisap yang terjadi pada ruang engkol atau pada bagian bawah piston.
Sedangkan yang terjadi dalam langkah ini adalah :
  • Torak bergerak dari TMB (titik mati bawah) ke TMA (titik mati atas).
  • Pada saat saluran pembiasan tertutup mulai dilakukan langkah kompresi pada ruang silinder.
  • Pada saat saluran hisap membuka maka campuran udara dan bensin akan masuk ke dalam ruang engkol.

Langkah usaha dan buang
Dan pada langkah ini terjadi langkah usaha dan buang yang terjadi pada saat yang tidak bersamaan, jadi langkah usaha dahulu barulah setelah saluran pembiasan dan saluran buang terbuka terjadi langkah buang.
Yang terjadi dalam langkah ini adalah :
  • Sebelum piston mencapai TMA (titik mati atas), busi akan memercikan bunga api listrik sehingga campuran udara dan bahan bakar akar terbakar dan menyebabkan timbulnya daya dorong terhadap piston, sehingga piston akan bergerak dari TMA (titik mati atas) ke TMB (titik mati bawah).
  • Sesaat setelah saluran hisap tertutup dan saluran bias serta saluram buang membuka maka campuran udara dan bahan bakar yamg berada diruang engkol akan mendorong gas sisa hasil pembakaran melalui saluran bias ke saluran buang.




Begitulah kinerja mesin 2 tak, kenapa motor 2 tak itu tarikannya bisa gahar, karena proses geraknya tidak serumit motor 4 tak.

Sumber :
http://motomodif-world.blogspot.com/2009/01/langkah-kerja-motor-bensin-2-tak.html

13 Komentar:

Devide Nouzze mengatakan...

Pertamax
Hihihihihi....

Anonim mengatakan...

bos cara perbaiki membran f1zr gimana,kok gak pernah dibahas ya..salam F1ZR mania

EM Rukhin mengatakan...

^
Sorri mas bro, belum ada waktu yg pas.. ya nanti klo sempat diulas di forum ini deh.

Unknown mengatakan...

Bro aku mau nanya nih, kalo motor Force One gak di hidupin selama berapa bulan, apa kemungkinan yang terjadi?

Unknown mengatakan...

Bro aku mau nanya nih, kalo motor Force One gak di hidupin selama berapa bulan, apa kemungkinan yang terjadi?

Unknown mengatakan...

Bro aku mau nanya nih, kalo motor Force One gak di hidupin selama berapa bulan, apa kemungkinan yang terjadi?

EM Rukhin mengatakan...

kalau motor tidak pernah dihidupin beberapa bulan, kemungkinan yang terjadi yang irit bensin dan irit ban.. ha ha just kidding bro..
sebetulnya kendala ada di oli mesin yang mengendap aja mas bro. kalau lama tidak di hidupin sebaiknya waktu mau ngidupin motor harus pakai engkol dulu sampai beberapa kali selah, biar oli mesin ikut naik, tapi kontak posisi OFF ya? setelah di engkol beberapa kali coba kontak di puter ke posisi ON, jreeengg pasti bunyi dan asepnya banyaaakkk, tapi santai aja emang seperti itu kinerja motor 2tak kalau jarang dihidupin.

Unknown mengatakan...

Tapi mau nya saya langsung ganti knalpot agar oli tidak mengendap dan suara semakin jreenngg ..
Apakah bisa?

Obat Mata Minus Silinder Plus Katarak mengatakan...

Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

rikardo purba mengatakan...

Thanks uda berbagi kawan....

Salam ngebul.. Hehehe

Devide Nouzze mengatakan...

Apanya yang ngebul kardo....?

Anonim mengatakan...

bro, aq mau nanya, punya q f1zr th 2002.,.
dri semi koplonlg aq buat kopling tangan,tpi kok keras banget ya koplingnya.,. biar enteng gmana ya solusinya??

thanks

rikardo purba mengatakan...

Hahhha... Knalpot nya ngebul bang devide

Posting Komentar

Dilarang berkomentar "SARA"