04 Oktober, 2012

Merawat motor 2 tak Yamaha F1ZR


Lama tak menjamah blog ini mas bro, rasanya kangen juga untuk bisa berkomunikasi dengan sobat sobat force mania. Jangankan blog, motorpun jarang kejamah juga bro, kalau blog tidak dirawat masih ada jejaknya, nah kalau motor sampai tidak dirawat gimana ceritanya ya? Bisa bisa ambrul kalau di betot gasnya. Merawat motor itu memang gampang gampang susah, intinya kita kudu telaten dan serius untuk merawat si F1ZR ini. Untuk itu ada sedikit tips untuk merawat si manis F1ZR ini, poin poin yang penting dalam merawat motor Yamaha F1ZR :

  1. Rantai & Gir
Selalu periksa kondisi rantai, jaga selalu setelan rantai jangan sampai kendor atau terlalu kencang, kalau terlalu kendor bisa lepas dari gir, kalau terlalu kencang juga bisa bikin rantai putus, gunakan pelumas untuk rantai agar mata rantai bisa bekerja maksimal.
Periksa kondisi Gir, kalau sudah lancip lancip sebaiknya segera diganti, jangan nunggu rantai putus baru ganti Gir, bisa berabe ntar, dorong dorong motor gara gara rantai putus.. bujug. karena ane juga pernah ngalamin hal pahit tentang rantai putus. baca kejadiannya http://club-f1zr.blogspot.com/2008/01/jangan-sepelakan-rantai-motor-anda.html

  

  1. Busi
Jangan sepelekan keberadaan busi, tiap bulan sekali usahakan di bersihkan, disikat biar plak plak kotoran tidak menggagu pengapian. Dan setiap 10.000KM Busi wajib alias kudu diganti. Jangan tunggu sampai Busi mati baru diganti. Bisa bisa CDI bisa matek juga.



  1. Kabel Koil
Jangan lupa periksa pula kabel koil yang menuju ke busi, kalau sudah tua kabelnya segera ganti. Kalau copot dari busi kan bisa nyetrum lho.



  1. Selang Bensin
Nah yang satu ini terkadang terlupakan, mentang mentang tempatnya tidak terlihat jarang di maintenance, periksa yang teliti selang bensin yang menuju ke karburator apa masih bagus, kalau ada retak retak segera diganti, kalau dibiarkan sampai selang berkerak bisa membuat kotor saluran ke karburator, akhirnya motor jadi mrebet.




  1. Oli samping
Si cairan yang satu ini jangan sampai disepelekan, karena motor 2tak kalau sampai kehabisan oli samping bisa mbrodolin si piston alias turun berok (mesin). Karena tugas si oli samping ini untuk melumasi bagian seher (piston), stang seher serta laher bearing seher as krug. Dan jangan lupa di setel yang bener, jangan sampai kebanyakan oli sampingnya, motor bisa mbrebet dan terlalu banyak asep (dikira mbakar sampah knalpotnya). Dan jangan terlalu irit juga, kalau supply oli samping terlalu irit motor bisa overheat. Kan gak enakkan kalau motor dibawa ngebut tau tau mogok karena kepanasan akibat kekurangan oli samping.



  1. Karburator
Si benda kecil ini juga sangat vital lho mas bro, servis yang rutin biar motor F1ZR makin jos larinya. Cara servis karburator F1ZR pernah diulas di artikel sebelumnya. http://club-f1zr.blogspot.com/2009/06/service-karburator-f1zr.html



  1. Blok mesin dan Head
Setiap 6 bulan sekali, sebisa mungkin dibersihkan kerak kerak hasil dari pembakaran. Coba buka artikel yang ini http://club-f1zr.blogspot.com/2009/06/bersihin-kerak-di-piston.html



  1. Accu
Bagi yang masih pakai aki (accu) jangan lupa selalu cek kondisi air akinya, kondisi air aki jangan melebihi batas maksimum garis atas, jika air sudah melebihi garis bawah harus segera di tambah air akinya.

  1. Ban
Si karet bundar ini juga harus di cek setiap saat mas bro, terutama tekanan anginnya, jangan sampai kurang. Untuk batas toleransi tekanan angin untuk ban belakang sekitar 34psi, dan untuk ban depan sekitar 28-29psi. (setiap merk ban toleransi tekanan anginnya berbeda, coba cek dikemasan masing masing merk).
Kalau sudah dirasa gundul segera ganti ban. Jangan sepelekan lho mas bro, gara gara mau hemat duit, ban yang sudah gundul di tunda tunda penggantianya, bisa bisa ndlosor kalau di rem. Apalagi jalanan yang basah atau pasir. (malu kalau diliat orang kayak acrobat… gebubrakkk)



  1. Pemanasan Mesin
Biasakan manasin motor sebelum di geber mas bro, manasin motor juga jangan lama lama cukup 1-2 menit saja.

  1. Knalpot
Si pembuang gas yang satu ini kudu diperhatiin, kalau ada dana lebih setiap 6 bulan sekali bawa ke bengkel knalpot untuk dibakar, biar kerak kerak bisa ambrol, dan yang pasti motor bisa ngacir, asep juga tipis selain itu suara juga sedikit merdu di telinga. Yang terpenting motor tidak mbrebet karena pembuangan telah sempurna.



  1. Part Asli Yamaha
Usahakan setiap ganti spart yang asli/genuine. Harga mahal sedikit tapi kwalitas juga tidak di ragukan tho mas bro?? ada harga ada rupa kan gitu. Yang jelas sparpart genuine pasti awet.


Semoga bermanfaat mas bro. sorri lama banget gak obok obok blog tercinta ini.


29 Komentar:

Devide Nouzze mengatakan...

Pertamax..

Anonim mengatakan...

ajib.. thx gan. bermanfaat banget tips nya

Anonim mengatakan...

ijin msk mas sm2 pecinta f1zr..klo rumah kopling oblak di motor pa klo jalan pelan nyendal2 ya? Please blsnx mas

Devide Nouzze mengatakan...

karet kopling nya udah aus masbro..

jangkungthree mengatakan...

permisi gan,cara bedain busi yang msh bgs sm yng udh jelek gmn ya gan?trs bang em rukhin knalpot ahrs'nya dl msh ada gak gan?ane lg cr nih,

Anonim mengatakan...

salam, ane ingin nyari velg asli palang 3 f1r...email ke ane poye_grunge@yahoo.com

rio mengatakan...

apa aja yang harus di ubah kalo f1r gua mau kencen supaya enak buat drag

Anonim mengatakan...

pnya ku f1z 95 ud fullclutch .abis gnti karet rumh kopling kok jdi nyendal2 ya kalo gas dthan.
Dlu pke kmpas FR.trus aku balikin standard. Kok mlah bunyi dengung. . . Ky jualan kue putu . Hehehe
tlg di bantu ya agan2 . . .

arifac mengatakan...

mas kenapa setiap ngegas kok nggk stabil,gas sama suara motor nggk sama .?

Anonim mengatakan...

mas mo nanya ada kenalan juragan part f1zr ori yg jualan online gk...thanks

Anonim mengatakan...

klo ganti deksel dengan yang kw suaranya kok jd gak nyaring lg ya..

Obat Mata Minus Silinder Plus Katarak mengatakan...

Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

anggara.blogspot mengatakan...

kalo tune up F1ZR ane di bengkel kira2 brapa yah?? kira2 aja dah, gk pasti ora nopo2 :v

boni mengatakan...

Gan,kalo kurang bertenaga pas tanjakan solusi nya pa gan????

EM Rukhin mengatakan...

@boni
Kalau motor kurang bertenaga di tanjakan, bisa jadi plat kopling sudah aus (tipis) jadi tenaganya udah boyok. atau bisa juga setelan karbu yang terlalu pendek, artinya dapet tenaga saat rpm tinggi.
coba bawa ke bengkel terus stel anginnya di panjangin, jadi tenaga awal ngisi, cuma saat putaran atas rada loyo.

MIS. AN-NAJAH mengatakan...

haga batok stang F!ZR brp y???

bayu poerwa mengatakan...

permisi ? Gua mau nanya nih ?
Kalo motor gua lagi dipake kira2 100 m mati mulu gan, tapi diselah kembali bisa ?
Kasih solusinya gan ?

EM Rukhin mengatakan...

Kemungkinan overhed kali mas bro, coba oli sampingnya diborosin dikit biar pistonnya tersupply oli. Terus bensin ditambahin oli samping (dicampur).

agil perayoga mengatakan...

Mas mau tnya ni fiz thun 2004 klo buat pelan ngadat klo buat ngceng stabil ap nya ya

kingkong mengatakan...

mantap infonya.. bravo 2 tak..

agen tiket pesawat

fathur rohman mengatakan...

kalau motor f1zr setiap masuk ke gigi 3 si motor ini mati,gk da tarikan gitu knpa ya broo......

yoyok korniawan mengatakan...

coba cek pengapian nya bro ?? mulai dri busi koil cdi ma spul nya.. kya na ada masalah d antara yg sya sbut..

ansello ajjh mengatakan...

kampas kopling abis masbro,

ansello ajjh mengatakan...

klo mau di gas mtor nyaa gak kuat narekan yaa?
knpa thu yaa mas broo?

ansello ajjh mengatakan...

1 lg nhe karbu ku sering banjir itu knpa ya?

Zero Berto mengatakan...

Permisi mass gue mau nanya ni..
Motor Fizr ane kok nahan kali ya tenaganya kurang gitu, apalagi pas motor baru mau jalan tuh terasa banget nahannya..Kopling harus di tahan2 lah baru mau jalan ??
Kmarin dah dibawa bengkel trus katanya karbunya yang soak... lalu saya ganti karbu tapi motor tetep nahan aja.. apalagi pass di bawa lambat tu motor suaranya pincang/batuk2/berebet banget... tu kenapa ya mas ??
Mohon infonya..Thanks..salam Fizr

Jessica Napolin Lie mengatakan...

TIKIQQ.COM - Agen BandarQ | Agen DominoQQ | Domino99 | DominoQQ | Domino Qiu Qiu | Qiu Qiu Online
Agen BandarQ
BandarQ
Domino99
DominoQQ
Domino Qiu Qiu
Agen Domino99
Agen DominoQQ
Agen Domino Qiu Qiu
Qiu Qiu Online
TIKIQQ Adalah Agen BandarQ, Agen DominoQQ Terbaik Dan Terpercaya Saat Ini Dengan Pelayanan Transaksi Yang Super Cepat Selama 24 Jam NonStop Dan Persentase Kemenangan Yang Tinggi Dan menyediakan games-games terbaik buat anda. Minimal Deposit dan WD sangat terjangkau hanya 20 Rb anda sudah bisa bermain Poker Dan Domino Dengan Uang Asli
Ayo Segera Gabung Dan Mainkan Sekarang Juga Di TIKIQQ

DK Kyori mengatakan...

http://agendomino-blog.logdown.com/posts/2242622

DK Kyori mengatakan...

http://agendomino-blog.logdown.com/posts/2242622

Posting Komentar

Dilarang berkomentar "SARA"