03 Maret, 2013

Filter udara karburator


Wellll, terkadang motor itu kayak bini ataupun pacar, yang wajib dirawat, lha gimana lagi? Mau gak mau emang harus ngeluarin duit. Dari pada mogok dijalan. Kalo pacar mogok dijalan mah biarin aja, ujung-ujungnya bisa sampe rumah sendiri, entah naik angkot atau ngojek. nah Kalau motor mogok dijalan? kudu gimana?  kalau ditinggalin bisa-bisa kena damprat sama emak.

Sebetulnya merawat motor 2tak itu paling mudah dan murah dibanding motor  4tak, yang perlu diperhatikan untuk merawat motor 2tak itu lebih difokuskan ke Oli samping, dan oli mesin.

Jadi inget banget, waktu pasang filter karburator, motor malah jadi mrebet, digas kenceng malah asep doank yang banyak, setelah filter di copot motor jadi normal lagi.


bagi mas bro semua, filter udara yang dikarbu itu sangat vital lho, makanya kudu diperhatiin, sering dibersihin (tiap 2-3 bulan), biar motor jadi maknyosss.
apalagi kalau menyangkut Setting karburator, buuuhh kudu sabar karena susah susah gampang loh, setelan angin terlalu pendek tarikan motor jadi berat, kalau setelan angin terlalu panjang, top speed jadi loyo. Makanya perlu feeling yang tepat, agar motor jadi enak dibawa jalan.

Kalau mas bro semua ada pengalaman setel karbu yang tokcer, sudilah kiranya berbagi di blog ini. Gimana mas bro?? 

19 Komentar:

rikardo purba mengatakan...

Bos.. Mo nanya dong.. Bos chuck karbu foswan ane gk bisa di copot.. kira2 apakah akan ada masalah..??

trims.. Salam foswan lovers..

>filter udaranya keren bos.. :) sama coilnya juga.. Coilnya coil racing ya.. Kalo boleh tau merk apa.. :) hehe

EM Rukhin mengatakan...

@rikardo purba
kabel chuck yg susah di copot dari rumah karburator karena sudah berkarat, cara copotnya harus pakai minyak semprot kayak merk "DW" biar kerak karatnya rontok, nah baru deh dilepas pakai kunci "10".

untuk baut Coil kalau susah dicopot, sama juga, semprot pake "WD" biarkan beberapa saat, lalu buka pakai obeng, pasti bisa lepas..

Filter udara macam itu mah banyak di bengkel-bengkel variasi.

rikardo purba mengatakan...

Ship... Mkasih bang sarannya.. :)

Anonim mengatakan...

mas brow aq mwu tanya,
F1 qu mwu dbubut 125, bgusx pke piston apa ya mas n pke ring pston apa jga..

adiet song mengatakan...

om mo nanya..
F1 ane Spul nya sering bgt konslet..
padahal CDI udah ane ganti,trus spul pun baru beli..
tp tetep aja spul lstrik nya sering bgt matii...
mohon petunjuk'y...

Pinar mengatakan...

mau nanya dong mas,
kalo cylinder head ada baret pengaruh ga ya ke borosnya bensin? soalnya kemaren baru belajar turun mesin, eh pas masukin pistonnya rada dipaksa ampe pada baret gitu. suara mesin motor jadi agak berisik pula

EM Rukhin mengatakan...

@pinar
kalau cylinder tergores akan mengakibatkan kompresi tidak sempurna, suara pasti akan berisik karena ada udara yang keluar lewat goresan tadi. efeknya bensin (bahan bakar) jadi lebih boros dikit.
untuk solusinya harus di dibubut lagi (dihalusin) dan ganti piston (over size). kompresi baru bagus lagi.

EM Rukhin mengatakan...

@adiest song
Spul sering mati bukan dari CDI, coba dibawa kebengkel biar di runut ulang, apakah perkabelan yang ada masalah, atau magnitnya yang sudah gak beres.. saran kalau ganti spul sebaiknya ganti yg ori saja.

Anonim mengatakan...

bos, numpang nanya
kalo f1zr pke karbu rxking stelen nya hrus gmna ?
mtr gw boros bnget jadinya
baru jalan bentar 10 menit aja udh habis bensinnya 6rb

Anonim mengatakan...

Mesinx korekan ato std bro? Kl msh std gak perlu ganti karbu yg lbh gede. Soalx tmbh boros, tp tarikan ga nambah signifikan.

Setting pd umumnya sm aja, prtama tutup stelan angin dan bensin (searah jarum jam) sampe pol. Lalu nyalakan mesin dan tahan grip gas jgn smpe mesin mati sambil memutar setelan angin ke arah kiri (brlwanan arah jarum jam) smpe didapet rpm tertinggi, stelah itu putar stelan bensin sampe didapet rpm rendah yg pas bwt posisi idle nya (brlwanan arah jarum jam). Selamat mencoba!

zaefii dkp mengatakan...

pengn bngaet F1Z R Ku di bwa pulang ,hahaha.

yoyok korniawan mengatakan...

motor dah standar 1 liter bsa ampe 30 km ato lebih.. saran kepada pengguna motor F1Z R spek standar sudah ckup lumayan bertenaga.. gigi 1 - 40kmh gigi 2 - 80 gigi 3 -110 gigi 4- ??? belum pernah coba trauma d jlan raya..maklum jkarta gtu loch..
NB.. gear rantai rasio 15-36

Unknown mengatakan...

mtr f1z sya ngempos pda tarikan pertama apa penyebab'y ya boz,,

EM Rukhin mengatakan...

Motor ngempos pada awal gigi rendah kemungkinan setelan pilot jet yang terlalu besar, coba di try and error (ganti pilot jet ke ukuran standar)

Iqbal Maulana mengatakan...

Numpang tanya om.. ko f1zr saya di pasang tutup karbulator variasi ko jadi engok tdak bertenaga..? Tpi klo di copot lagi ya normal lagi..

Anonim mengatakan...

@iqbal
Itu Setelan pilot jet yang kurang pas, atau dinaikin satu step ukuran pilot jetnya, biar asupan anginnya balance.

yadi denk mengatakan...

Mas bro ane punya motor f1-zr kayak kasus di atas lok dipasangin saringan udaranyaalah merebet trus lok di copot gg merebet lagi

Unknown mengatakan...

Sya beli fiz r 2002 ,tapi sya ga tw tentang honda,,pas saya bawa ke bengkel rupanya karburatorny yg murahn...Sya mw tanya gan..sya harusny ganti karbu yg merek ap yg bagus?????

Anonim mengatakan...

^
kalau ganti karburator sebaiknya yang orisinil/asli, cari yang second (bekas pakai) saja, banyak di pasar lowakan khusus sepeda motor, kalau karburator yang tidak asli untuk supplai bahan bakar sering terjadi masalah.

Posting Komentar

Dilarang berkomentar "SARA"