07 Agustus, 2014

Yamaha F1ZR Full Grasstrack

Pagi mas bro, bagi yang suka grasstrack berikut ada artikel dari maniakmotor.com, barangkali bisa jadi inspirasi untuk memodifikasi tunggangan Yamaha F1ZR jadi full grasstrack.

ManiakMotor – Inilah Yamaha F1ZR yang dimodifikasi full grasstrack tapi takut tanah. Lihat saja foto, lebih-lebih dari penampilan grasstrack di kelas Modifikasi Bebek 2-Tak. Motor ini hanya berani tampil di kontes modifikasi ketimbang di grasstrack benaran.




Spek bole grasstrack, tapi ikut kontes modif air brush
Kaki-kakinya kokoh dengan ban tahu. Bahkan suspensi depan up side down dari special engine Suzuki RM85. “Tetap garuk tanah, tapi untuk keperluan harian. Karena saya tinggalnya di kaki gunung Suryalaya, Tasikmalaya, Jabar,” jelas Haji Dauz sang pemilik yang melombakan motor ini dikontes modif soal air brush.

Wah nambah lagi. Iya. Kirain ikut kontes modif kelas bebas. Pantas saja warna ngejreng, jreng, jreng.... Walau begitu pak Haji masih terus cerita soal alam yang ditinggalinya untuk beradaptasi dengan aliran modifikasi bebek jadi trail. Malah Pak Haji ini pemilik bengkel mobil Surya Motor Mobilindo, hehe. Itu bengkel mobil.

Makanya modifikasi diserahkan pada Rahman Febriyatna dari SMM Art Disgn. Rahman pun menggunakan jurus merombak ulang rangka. Modifikasi rangka sama dengan jurus-jurus bikin tulang belulang grasstrack. Pokoknya yang tersisa tinggal rangka yang ada nomor rangkanya.

Proses bikin rangka main gerinda, roll dan las. Keuatan dan sambungan rangka tetap diperhitungkan untuk alam pegununmgan, kendati motor ini ketemunya saat kontes air brush.  “Kerangkanya meniru RM85 dari sumbu roda, ground clearance sampai sudat rake, kebanyakan pakai pipa 1 inci,” jelas Rahman yang biasa dipanggil mainan anak-anak, Yoyo dengan logat Tasik yang kental sekali.



Karenanya, bodi atau cover-cover RM85 langsung ngepas pada F1-ZR atau Fizer. Fizer memang ngetop sampai saat ini di grasstrack untuk mesin modifikasi 2-tak. Macam penampilan yang ini sudah mirip SE ketimbang wajud asli Fizer.

Ada kawinan bebek lain pada kaki-kakinya. Yakni lengan ayun menggunakan Kawasaki Kaze yang dipadukan dengan dual sok Kayaba dan piranti pengereman Suzuki RM 85. Sebagai pelengkap, pelek Takasago dan ban Swallow berdiameter 19 dan 16 dipercaya sebagai teman Haji Dauz melibas jalur pegunungan, tapi ketemunya di kontes air brush. Ardel






Data Modifikasi selengkapnya lihat dibawah masbro ;

Ban depan     : Swallow 70/100-19
Ban belakang  : swallow 90/100-16
Pelek         : Takasago
Sok depan     : Suzuki RM 85
Sok belakang  : Kayaba
Cakram depan  : Suzuki RM 85
Cakram depan  : Suzuki RM 85
Lengan ayun   : Kawazaki Kaze
Knalpot       : Suzuki RM 85
Bengkel       : SMM Art Design
Alamat        : Depan kampus STIE LM Ponpes Suryalaya, Tanjung Kerta, Pager Agung, Tasikmalaya.
Telp          : 081221463200, 2297c93a
Modifikator   : Rahman Febriyatna (yoyo)

sumber : http://www.maniakmotor.com/index.php/modifikasi/4969-modifikasi-yamaha-f1zr-2000-tasikmalaya-spek-grasstrack-takut-tanah



1 Komentar:

toyap racing school mengatakan...

mantap pa haji

Posting Komentar

Dilarang berkomentar "SARA"