29 Juni, 2010

Merawat rantai motor


Berbagi tips merawat rantai motor


Tips sederhana ini kalau disepelekan bisa fatal akibatnya, mungkin kita sering menyepelekan yang namanya rantai, Rantai sepeda motor tidak terlepas dalam aktifitas berkendaraan, karena mempunyai fungsi dan peran sangat penting yaitu memindahkan tenaga dari mesin ke roda kendaraan. Pengecekan & pemeliharaan yang salah dapat merusak dan mengurangi kemampuan sepeda motor Anda, bahkan dapat membahayakan perjalanan Anda. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya Bersihkan rantai dari debu dan kotoran. Umumnya debu dan kotoran melekat pada rantai akibat penggunaan pelumas yang salah. Oli dan gemuk tidak disarankan untuk digunakan pada rantai karena mengundang debu dan kotoran. Hal ini yang mempercepat keausan/rusak pada rantai dan berpengaruh terhadap kekuatan rantai motor yang dapat mengakibatkan kecelakaan. 


Sebaiknya pergunakan pembersih yang dikhususkan untuk rantai, di pasaran sekarang banyak banget macam jenis chain  cleaner karena sifat chain cleaner ini mampu membersihkan rantai dari debu, kotoran, oli, gemuk dan karat yang menempel pada rantai. Chain Cleaner mempunyai daya bersih yang kuat & mengandung PTFE yang membantu cairan masuk sampai sudut terdalam rantai sehingga rantai bersih seperti baru kembali. Dan juga PTFE tahan terhadap panas tinggi akibat gesekan rantai, jadi rantai tidak mudah aus. Rantai bersih dan suara berisik hilang. Cara penggunaanya pun sangat mudah tinggal di semprotkan ke pin rantai serta permukaan gir lalu lap dan keringkan..   



untuk info harga chain cleaner ini berkisar 15 ribu hingga 65 ribu..




Sumber : chain-wax.com  & berbagai sumber

4 Komentar:

Oky Alfa Sembilan Enam mengatakan...

Wah... Enek sing rega.ne 15ewu to Dab?
Biasa.na buat berapa bulan tuh Chain Clenernya???

Rantai.ku dah naik-turun, apa perlu ganti???
Beli rantai eceran berapa yaw merk ASPIRA aja??
50rb kah???

Service tv mengatakan...

kalo motorku rantainya kok kayak bergetar kenapa ya mas

Oky ALFA R mengatakan...

Bergetar gmana?
Tapi biasanya kalo bergetar itu disebabkan rantai terlalu kencang atw rantai dah gak terlalu bagus atw bisa jg kekurangan pelumas, Dab...

Anonim mengatakan...

gak ngrti saya

Poskan Komentar

Dilarang berkomentar "SARA"