10 Juni, 2010

Pengalaman ganti Oli Mesin


Ini hanya sekedar sharing pengalaman aja buat bro force one mania, selama ini ane coba analisa pemakaian oli mesin untuk motor Yamaha F1ZR tapi berdasarkan pemakaian ane sendiri lho ya? Bulan yang lalu ane pakai oli mesin yamalube 4T, 
beberapa hari ane mencoba mengamati kinerja oli mesin Yamalube di mesin F1ZR. Yang ane dapat untuk mesin ;
      1.       Suara mesin sedikit halus
      2.       Pagi hari mesin gampang dihidupkan
      3.       Mesin tidak gampang panas
      4.       Tarikan sedikit berat dan mrebet



Karena merasa tarikan kurang yahud akhirnya ane coba pindah kelain hati yaitu Pertamina Enduro 4T, beberapa hari juga coba ane amati, yang ane dapat untuk mesin ;
1.       Suara sedikit kasar
2.       Tarikan sangat enteng
3.       Mesin tidak cepat panas
4.       Pagi mesin susah dihidupkan harus sedikit betot gas atau tarik chuck
Oli mesin Enduro 4T ini untuk kinerja mesin sangat responsif tapi sayangnya jika pagi hari mesin susah hidup. Entah kenapa bisa begitu apakah kadar viskositasnya yang kurang sesuai dengan mesin Yamaha F1ZR atau apalah, padahal sewaktu pakai Yamalube 4T mesin dipagi hari gampang banget hidup, Cuma kekurangan oli Yamalube 4T ini tarikannya sangat berat. Itu pengalaman pemakaian oli mesin di motor f1ZR ane, nanti kalau jadi ganti oli ke Agip 4T coba ane share lagi disini.

24 Komentar:

Anonim mengatakan...

pernah coba oli jumbo 20W 50 yang sudah jaso MA2?
mesin halus tapi persneling kadang suka terasa peletak2. so far lumayan bagus.

supreme xx federal juga pernah saya coba. oli sintetis. dimesin ama tarikan enak. itu pengalaman saya memakai oli di motor force one.

ditunggu info berikutnya bro.
saya kadang bingung milih oli.

Anonim mengatakan...

pernah pakai oli mesin MOTUL 10W 50, motor kalau pagi susah banget hidup, tapi kalau mesin sudah panas suaranya jadi halus dan enak banget tarikan, cuma kalau pagi ya itu tadi bikin paha berotot kelamaan selah kick stater.

Oky 2 Stroke mengatakan...

Pengalaman pake oli mesin:
1. Shell Advance S 20-50 25rb = mesin lumayan halus + tp tarikan berat + dan tdk tahan lama.
2. Castrol Power 1 30rb 15-40 = mesin agak kasar + tarikan sedikit ringan + ketahanan biasa.
3. Motul 15-50 = tarikan biasa + suara mesin agak kasar + ketahanan oli bagus smpai 4 bln lebih berani (inilah kelebihan oli "mahal" -ketahanan oli-)
Motor Alfa R 96
Saya tunggu percobaan lainnya Dab...
(catatan: pengujian hanya berdasarkan felling + rasa pribadi saja jd bisa b.beda dgn orang lain)

Oky Oky mengatakan...

O.iya..
Untuk Motul di atas Motul 15-50 3100 49rb warna hijau = tp sebenarnya mesin motorku udah kasar duluan (mungkin laker kruk as) dan banyak jg yg coba khususnya bwt 4 tak lebih terasa bedanya (halus+tarikan enteng)
Cth: Scorpio
Kapan2 tak coba.ne maneh Dab oli laen gt.
Cihui...

Oky ALFA RR mengatakan...

Iyaw Dab auw pernah pake Oli Shell 20-50 yg kental ada suara pletak2 kalo ganti gigi.
Kasar mesin teredam + tarikan agak berat + panas mesin cukup teredam + tp gak tahan lama olina, sebulan dah tak ganti lg.

Untuk Motul 3100 15-50 49rb skrng tak pakai.
Suara mesin tetap agak kasar walaupun tdk parah + starter kalo pagi jg gak susah sih + tarikan agak enteng tp biasa + panas mesin biasa.

Menurut pengalamanku efek oli mesin kalo pagi susah start gk aku alami... mungkin cuma sedikit.

Untuk motor 2 tak harian jgn terlalu encer yaw oli mesinnya (mesin resiko bermasalah) menurutku minimal pake 20W-40, 15W-50 (paling saya suka) atw 20W-50

Anonim mengatakan...

makanya pake oli castrol 4T donk !!!

Anonim mengatakan...

coba deh oli federal 20w 50 supreme XX sintetis based.
pengalaman saya tarikan lebih enteng dan suara mesin halus dari yang pernah saya coba. kerasa banget saat pake yamalube 20w 40 tarikan agak berat, suara mesin kasar)

Anonim mengatakan...

kl menurut saya oli enduro 20w 50 mineral based yang paling pas.tarikan enteng dan mesin mmg tidak cepat panas.soal susah di stater di pagi hari tdk saya alami.beda dgn yamalube,pake oli ini selain mesin terasa kasar,tarikan kopling jd lebih berat.tidak ush pake oli semi synthetic apalagi full synthetic spt shell VSX4T.oli itu tdk lebih baik dari oli enduro.mgkn terlalu encer kali ya bt F1ZR

Unknown mengatakan...

klo oli yg khusus buat 2 tak ada g y???n harganya berapa :?

alisin mengatakan...

menurut pengalaman gw. wktu pakai oli Enduro 4T racing(35000), hasil yang gw dpt sperti brkut:
1.tarikan lumayan enteng
2.mesin lama panasnya
3.agak kasar ps prgantian prseneling
4.mesin susah hidup, wktu dpanasi
dmikian pnglaman yg gw dpt...

untk force one mania, tolong dnk ksh tau oli yg pas bwt F1zr..?

esall mengatakan...

bukan gua udah bilang olix ngk usah pake yg lain selain MESRAN 20W50. yg bilang oli 20W50 berat hax prasaan dia aja tuh...atau motorx tuh yg soak. broo nih oli udah di tes pke ngedrag. bayangin aja dri sekian putaran/detik, loe2 smua kan udah tau gimana motor klu udah di set buat Speed/ DRAGG. beda kan klu buat harian.. gua jamin kampas kopling awet.
lbih mntap lg klu buat harian klu pakai oli tuh.
pastix gua jamin tarikan enteng lbih awet lg kampas kopling.

Anonim mengatakan...

ini orang kok aneh banget OLI buat mesin 4tak dipake ke F1ZR kan jelas2 mesinnya 2tak,,,wajar la mas mesin F1ZR nya agak kasar m susah dihidupin kalo pagi hari..kan oli ny buat 4 tak...

mudah2han mas2 diatas bisa memaklumi saran saya

Anonim mengatakan...

^
Oli mesin mah sami mawon mas, mau 4 tak atau 2 tak, lha wong sama2 untuk melumasi gearbox yang membedakan hanya kadar kekentalan aja.. 2 tak itu punya 2 oli, oli mesin dan oli samping.

Anonim mengatakan...

jd oli apaan ni yg bguss gan???
bwt f1 95 gw.????

Anonim mengatakan...

qlo buat 2 tak oli mesin ga trlalu pengaruh kali....
pake nya mesran b 40....
yg balap juga ga pake oli mesin macem2...
pake msran b 40 aja....
yg pnting oli samping....
qlo mw enak dan murah pake gasoli....
y qlo mw yg lbh bagus motul lahh,,,

Anonim mengatakan...

bener tuh kta mas yg d atas. mesran 20 50,, ato b 40....
d pake balap....
ngapain beli oli 4 tak mahal2... ga ngaruh...
mending beli oli samping yg mahal x......

Anonim mengatakan...

sebelumnya ak minta maaf ..

menurutku oli mesin gag ngaruh besar .
cukup mesran aj .
yg penting oli samping biar gak membebani sewaktu pembakaran bensin .
ak udah coba oli samping castrol am vistra ..
haislnya pake vistra , motor tarikan enteng n lebih melejit . jangkauan tiap gigi juga jauh .
ini untuk standar force one punyaku .
lao buat yg lain beda yaa harap dimaklumii.

Anonim mengatakan...

klo menurut saya.. cukup yamalube 20W-40,..
1.mesin adem
2.ngoper gigi lumayan halus,daripada yg 10W-40..
yg penting, oli sampingnya yg bagus,.

Anonim mengatakan...

numpang ikutan ah. . .
ane punya yamaha rx king,ru kali ni nyobain pake oli yamalube 4t 20w-40 nah yang ane rasain:
-tarikan berat
-panas biasa
-suara mesin kasar
-nafas dari gigi satu kegigi yang lain pendek
yang jd pertanyaan apa ngaruh banget yah kalo diterusin gitu,,tw mungkin bisa menimbulkan kerusakan jg kah??

CB Professional Development mengatakan...

@ Bro Oky Oky:
sama nih nasib kita mas..
suara laher kruk as kasarrr...
he he he...

Unknown mengatakan...

aku punya alfa 2r walau bodi dah peot kaya mpo atik tapi mesin masih bisa di adu ama kawasaki ninja ..dan oli mesinya aku pake mesran dan oli samping evaluble..walau ini oli murahan tapi kasiatnya melebihi pelumas moto gp...hehehe slmat mncoba gan...

Unknown mengatakan...

Oh iya..
Kalonya oli samping nya gonta ganti gimana ya gan???
Kadang2 castrol kadang2 evalube,
itu gimana bisa mempengaruhi engga ya?

prima hardianto mengatakan...

Gan coba pake oli pikoli dech... Psti ketagihan... Manttap bro...

Unknown mengatakan...

numpang nimbrung ah broo... setau ane oli mesin gk begitu berpengaruh pada saat pagi hari mtr ssh idup,apalagi mtr 2t. apa pun oli
nya asal mesin sehat pst lancr2 aja.. pengalaman f1zr ane dh nyoba semua jenis olsam&oli msin. tp tiap pagi gk prnh ssh idup tuh bro,hnya performa tiap merk olsam yg bs di rsain.

Posting Komentar

Dilarang berkomentar "SARA"