24 Maret, 2012

Mengenal jenis sepeda motor untuk MotoGP


Mengenal jenis motor untuk MotoGP

Sepeda motor yang digunakan di MotoGP adalah bertujuan untuk pengembanga, atau yang disebut  'prototipe'
Sepeda motor ini tidak dijual untuk masyarakat umum (produksi missal) dan tidak dapat secara legal dikendarai di jalan umum.
Peraturan teknis
di Tim GP (Grand Prix) harus dipatuhi untuk pengembangaan sepeda motor, yang digunakan untuk kompetisi MotoGP dan memberikan panduan sederhana untuk jenis mesin pengendara yang digunakan.




Ukuran Mesin yang diizinkan di setiap kelas seperti berikut:


MotoGP ™ -
Pada musim 2012, penggantian mesin maksimum yang diijinkan adalah 1000cc dengan maksimal 4 silinder dan maksimum bore 81 mm – 2 stroke engine tidak diperbolehkan. 
Maksimal 6 mesin yang bisa digunakan oleh setiap pembalap yang dikontrak permanen untuk semua musim yang dijadwalkanApabila ada pelangaran dikenakan penalti, dan si pembalap mendapatkan hukuman dengan start dari pit lane dan menunggu 10 detik setelah dimulainya lomba baru boleh start.
Aturan tahun 2012, tim yang tidak di support salah satu pabrikan utama dapat mencari status CRT. 
Tim CRT akan mendapatkan keuntungan dari aturan yang ditetapkan, salah satunya banyak jumlah mesin yang dapat digunakan dalam satu musim, dan penggunaan bahan bakar lebih banyak selama race
Di bawah "Claiming Rule /CRT", tim operasi status CRT setuju untuk mengizinkan hingga 4 mesin mereka per/ musim untuk diklaim  setelah perlombaan, oleh salah satu tim pabrikan utama dengan biaya sebesar € 20.000 (sekitar 242 juta) masing-masing termasuk transmisi, atau €15.000 (sekitar 182 juta) masing-masing untuk mesin saja.



Moto2 ™ -
Moto2 Mesin Resmi, saat ini disediakan oleh pabrikan Honda. 
Kapasitas mesin 600cc 4-stroke.

Moto3 ™ -
Menggunakan kapasitas 250cc 4-stroke, mesin 1 silinder.
Terlepas dari displacement dan jumlah silinder untuk setiap kelas, jenis mesin dibatasi dengan piston
engine reciprocating tanpa pengisian super atau turbo, dan motor tidak boleh memiliki lebih dari 6 gigi transmisi.



Berikut ini adalah bobot minimum yang diizinkan:


MotoGP ™
Up to 800cc - 150 kg
801 - 1000cc - 153 kg

Moto2 ™
Motor 140 kg

Moto3 ™
Motor + pembalap 148 kg

Tim dapat menambahkan pemberat untuk sepeda motor mereka untuk mencapai bobot minimum dan berat dapat diperiksa pada kontrol teknis awal, tetapi kontrol utama berat badan dibuat pada akhir sesi latihan atau pada akhir perlombaan. 
Untuk kelas Moto3 berat diperiksa adalah total dari pengendara dengan pakaian pelindung penuh plus berat sepeda motor.
Dalam keadaan normal setiap tim MotoGP memiliki dua
motor yang persiapkan untuk balap untuk pembalap masing-masing, sehingga tidak ada penundaan motor yang bermasalah diganti sebelum perlombaan atau sebelum atau selama latihan atau sesi kualifikasi. 
Musim 2006 melihat contoh pertama balap ‘flag to flag’ GP Australia di Phillip Island, di mana pembalap MotoGP berubah mesin pada saat pertengahan balapan menggunakan motor dengan ban basah.




SHOWCASE DESAIN
Grand Prix motor diproduksi untuk memenangkan perlombaan dan untuk menampilkan desain dan kemampuan teknologi dari produsen/pabrikan masing-masingDikarenakan Mesin-mesin itu dibangun dari mahal, hardwearing dan bahan yang sangat ringan seperti titanium dan serat karbon diperkuat dan manfaat dari jenis teknologi canggih (rem cakram karbon, mesin sistem manajemen, kontrol traksi) yang tidak ada pada fitur sepeda motor biasa (motor diproduksi missal).
Dengan jutaan penggemar
penonton setiap putaran MotoGP, ketika motor berada di sirkuit  juga menampilkan merek besar yang  banyak terlibat dalam mensponsori tim MotoGP.Setiap motor menampilkan sejumlah balapan di depan dan belakang, dan biasanya memiliki fitur warna dan logo dari tim masing 'sponsor utama serta logo lain banyak menampilkan nama-nama tim' sub-sponsor.

sumber : motogp.com

Lanjut ke bagian mesin nyok

3 Komentar:

Anonim mengatakan...

bro ane br bli f1zr 2003...os 50 kata ny...
itu boros bgt broo :(
supaya sdkit lebih irit gmn bro?cm 1:12 :(

f1zr tu standar ny 1 liter brp kilo bro?

Unknown mengatakan...

Setting lagi karburator nya om..!Lihat pilot jet sama main jet nya..!Ukuran standar pilot jet f1zr 2003 17,5 kalau main jet nya 130..

Wahyu adhi suprobo mengatakan...

top speed vespa 202 mil/jam. hasil d dyno test run. info lbh lanjut 083114494477.

Poskan Komentar

Dilarang berkomentar "SARA"