Mengenang kenangan manis sang legenda 2 tak yamaha F1ZR
Apa yang diunggulkan dari sang senopati 2 tak dari Yamaha Indonesia ini? Motor Yamaha F1ZR sudah mulai terlupakan semenjak digusur sang competitor Suzuki RG Sport, padahal di era balap underbone 2 tak 110cc tune up motor Yamaha F1ZR sangat bertaji, saya sendiri masih ingat saat F1ZR mengeluarkan versi livery caltec yang limited edition, naksir berat tapi orang tua gak mampu mbeliin. Mungkin yang paling diunggulkan pada motor Yamaha F1ZR ini ada pada stabilitas rangka sehingga mudah dikendalikan. Apalagi sumbu roda yang hanya 1.190 mm, sangat mudah meliuk di sirkuit yang kebanyakan memiliki tikungan patah karena menggunakan jalan raya.
Mesin yang berdiameter x stroke 52 x 52 mm, bertipe square. Artinya karakter tenaga dan torsi seimbang. Makanya jalanan lurus panjang, tikungan berliku maupun tanjakan, Yamaha F1ZR bisa diandalkan.
Seiring waktu berjalan akhirnya era 2 tak mulai tak dilirik lagi, apalgi di dalam kota seperti Jakarta, mungkin juga adanya isu ramah lingkungan dan efisiensi bahan bakar, jadinya motor kesayangan ini harus di stop produksinya.
Sayang beribu sayang, motor kenangan jangan sampai kebuang… sekarang tinggal ngerawat ini motor…
untuk spartpart sejauh ini masih aman-aman aja, maksudnya masih tersedia.. mungkin 10--15 tahun kemudian wis mboh ora weruh.. motor F1ZR jadi motor klasik..
22 Komentar:
Hummm...
Lha wong Alfa ku wae handling nya dah enak buat manuver2...
Banyak yg ngejek motorku dah cukup umur minta ganti Hikz..Hikz...(halah.nangis)
Euy,,,, Maz Ruchinz...
Kalo bwt tanjakan 4 tak lebih bertenaga yaw...
Tp pass jalan biasa boleh diadu. (pengalaman pribadi) Apa ada kesalahan mesinku.
Gmana neh pendapatnya???
Wah... Mugo2 motorku iso tak openi lan dadi motor CLASSIC... Ye.e.e.e.e... (mengkhayal)
Sampai sekarang, saya masih pake f1zr buat ngajar sehari2. tetap siip. seandainya ada keluaran f1zr 2tak 125 atau 225 cc terbaru, saya tetap berniat. sudah terlanjur jadi 'teman perjuangan'...
kalo di pekalongan, nyari spare part f1zr sudah seperti barang langka...
seharian moter-moter nyari per skep...
wathaw... ampe haus nyari nya...
Alhamdulillah, akhir nya ketemu jua...
itupun tidak ori, dan tinggal satu di tokonya...
benar-benar bakal jadi motor antik nee...
sekalian mo nanya bro...
kenapa ya, carbu motor ane selalu berembun hingga menyebabkan per skep-nya karatan ?
^
stelan MJ dan PJ gak tepat bro, kerak diknalpot juga bisa jadi penyebab itu bro..
Kulonuwun..
Nerusin soal karbu berembun Bro..
Apa ada perbedaan dari karbu F1 taon 90 an ma FIZR taon 2000an..?
hampir smua karbu F1 (yg pernah saya liat)th 90 ampe FIZR 97 pasti keringetan, =)
sedangkan FIZR th 2000 keatas engga'..
@Aziz Abe
betul bro, motor ane force one tahun 1995 kerburator sering berembun dan akhirnya motor jadi mbrebet, nah bulan yang lalu gue bongkar itu karbuator, semua njerohan karbuator gue keluarin pokokonya tak bersihin sampai bersih..emang kotorannya ampuunn bejubel, maklum motor tua... tapi setelah itu karburator tidak berembun lagi, tarikan juga jadi nyahut.. entah apa kotoran itu yang bikin berembun..
agan2 aku mau tanya,,apa bener ada force1 keluaran th 97?? td aku ditawarin force1 th 97 tp aku sanksi knp msh ada force1 di keluaran 97,aku kira 97 mah dah f1zr kan?? mohon penjelasannya..thx b4
^
bukannya F1ZR itu singkatan dari Force One ZR, kalo thn 97 itu kalo gak salah paka kopling banci alias kopling semi otomatis..
13 th saya pake F1zr.. keluaran pertama yg kopling nya masih banci... tapi Ane sayang banget uda jadi kaki...
preeett..... ttetetetet!!! suaranya kayak kaleng rombeng, bodo amat yg penting Ane Suka ^_^
gw pke force 1 95...
mesin ko geteran nya gede bgt ya pdhl gw dah gnti stang seher ma laher nya.. trus di daerah head da suara ngelitik. gt,,,
mhon solusi nya
f1zr gw tarikan awalnya kurg responsif,sebabnya apa ya?
f1zr aku selalu boros busi ?...mohon solusi nya
he...he.... q jg pakai f1zr tp gak kalah tuh ama mtr 4 tak yang sekelasnya, ngacir terussss....
Yah... Nasib negara kita yg slalu takut dan ikut ikutan jadi 2tak distop produksinya. Tapi coba lihat di eropa sana anak2 muda nya pada ngoprek 2tak hingga kini...nasib-nasib.
Yah... Nasib negara kita yg slalu takut dan ikut ikutan jadi 2tak distop produksinya. Tapi coba lihat di eropa sana anak2 muda nya pada ngoprek 2tak hingga kini...nasib-nasib.
Bru dapat nih F1Zr ni dah yang ke-4 kalinya ane beli, motor kenangan masa muda.. hehehhehe, blm sempet modif baru seneng liatnya soalnya semua ori, maqklum bekas punya orang ketirunan cina tua hahahahhahhah, suara mesin mantep, tarikan masih enak. standart pokoknya...
mantap.. bravo f1zr..
agen tiket pesawat
Salam knl semua, sy dri jayapura papua. Di jyapura spare parts FIZR udah sngat langka.....
Salam kenal juga kawan.
mas bro mau tanya f1 sya ko brebet ya pdahal karbu pe ori ,cdi baru lokal busi baru sepul baru tpi kok msi brebet aja di gas full ny tuh kalau dari coil mungkin ga coz blom diganti bukan asli f1 ny juga..mohon pnjelasan ny dong
gan saya mau tanyak sekaligus minta sarannya ...
saya punya motor f1zr thn 2004 klau dibawa jalan sebentar-bentar mati kadang2 mau ngadat gitu ....saya berfikir mungkin pengapiannya yang bermasalah jadi saya ud coba ganti koil,dub koil, juga busi racing tetapi masi juga sering mati2 klau dibawa jlan.
para agan ada solusi/sarannya...
mohon bantuannya..
boleh juga sarnnya ke email saya azmitanjung9@gmail.com/azmitanjung7@gmail.com
anak medan....
@Azmi Tanjung
Coba ganti CDInya bro, kemungkinan CDI yg bermasalah, dan busi ganti yg biasa saja dulu jangan yang racing.
Posting Komentar
Dilarang berkomentar "SARA"