04 Maret, 2011

Tes Motor F1ZR

Entah berapa bulan blog ini tak tersentuh, jujur saja mengatur waktu untuk didepan computer itu terasa sulit, beginilah nasib jadi kuli berangkat pagi pulang petang, sampe rumah langsung ngandang alias tidur, kepingin ketak-ketik di keyboard seolah-olah jemarinya sudah kecapaian. Cuma berbagi cerita aja buat konco-konco force one mania, sudah lama ini motor njogrok di rumah hampir berapa bulan tidak pernah diajak jalan-jalan, sabtu kemaren ane coba keluarin ini motor dari kandangnya, ane coba starter tapi gak mau hidup, akhirnya puluhan kali engkol kick starter akhirnya hidup juga motor force one ane (berbagi tip aja buat konco-konco, kalau motor susah dihidupkan dari tidur lama caranya begini;
1. Kunci kontak dalam posisi off
2. Gunakan kick starter untuk selah mesin / 5 kali engkol aja tujuannya untuk mengencerkan oli mesin yg di kwatirkan mengendap.
3. Posisi kontak di ON-kan
4. Lalu engkol lagi kick starter (jangan mbetot gas) usahakan tangan tidak memutar gas, sampai motor bisa hidup (mungkin bisa 15 – 20 kali engkol).
Tujuan untuk tidak mbetot gas yaitu agar saluran udara tidak kebuka, jadi bensin tidak dipaksa naik, biasanya motor kalau sudah tidur lama endapan-endapan oli sangat berat untuk melumasi gearbox)



Lanjut…. Setelah motor hidup asep yang keluar banyak banget, Masya Allah kayak asep kebakaran, ya jelaslah lha wong motor tidak pernah dipanasin, alhasil setalah dipanasin 3-4 menit akhirnya ane coba bawa jalan keliling-keliling kampong (malem mingguan).. tapi rasa-rasanya motor sangat berat buat jalan.. akhirnya ane putusin untuk ganti oli mesin sama ganti oli samping sekalian.. sorri bro bukan promosi hanya coba-coba oli saja, ane coba ganti oli mesin pakai shell yg SAE 20W40, oli samping pakai shell 2T juga. Setelah ganti oli, ane coba betot gas ampe setengah putaran, suara mesin sampe mbangunin guguk tetangga kaliiii… suara motor kok sedikit lebih garing, penasaran juga akhirnya motor force one diajak ke jalan raya untuk coba mbetot-mbetot gas, gak disangka ini motor kok masih galak, ane betot gas ampe speedo meter nunjuk ke angka merah (120 Km/jam) gileeeee, sorri bro ini sebenernya gak boleh buat dijalan raya sangat berbahaya, lha wong motor tua kok masih bisa ngeledekin motor-motor keluaran sekarang/baru. Sampe dengkul ini terasa gemeteran, takutnya baut-baut pada mrontolin/copot.. F1ZR memang tiada matinya, ane sendiri juga gak tau banget apakah ini efek dari oli shell tadi atau apa, yang jelas sabtu kemaren motor ane masih bisa lari di garis speedo merah…. Segitu aja deh bro, mungkin kalo konco-konco pingin nyobain oli shell (mesin sama olsam) dan motornya bisa ada perubahan terutama larinya bisa berbagi disini. Sebagai info Motor ane over size 50, terus knalpot pakai AHRS standart.

Okey bro, mungkin lain waktu kalo ada yang bisa ane share dimari pasti ane posting.. salam force one mania

47 Komentar:

yonne mengatakan...

Oke bro ntar ane coba,,,sapa tau kunceng jg kaya loe poenya,,,share bro klu ada yg baru soal fizr

Anonim mengatakan...

gw pngn ngilangin geteran di mtor f1 95 w,, ma suara ngelitik dihead.a,,
mhon solusi nya

rudi mengatakan...

bro kalo pke knalpot AHM suaranya bgus gax bro????
mhon bantuannya...

Anonim mengatakan...

ajiib gan...FizR ane jg masih lumayan...cuman boros amat yak? masak tiap20 km minta minum seliter premium..?? ada saran?

RamaDhot mengatakan...

gannn, F1ZR ane kok mentok ya tenaganya ampe 110km/jam doang, . ga bisa naik lagi. .

gimana caranya bisa kenceng tapi simpel, ngga ribet ,
oli mesin ama oli samping ane pake shell .
tapi masih aja cuman 110km/jam.

mohon penjelasannya gan biar ane bisa kebut2an lagi di jalan, ,hheehhee

EM Rukhin mengatakan...

@RamaDhot

kalo mau tenaga naik ya harus bore-up, tapi kalau tidak mau pakai ribet begini saja bro, knalpot kalau masih standart coba di buang sekat-sekatnya (semi) jadi pembuangannya lancar, dan Pilot Jet naikin satu step terus ukuran Gir belakang turunin 2 gigi. pasti top speed bisa jadi ajib

Anonim mengatakan...

piston npp over size 2.00
exhaust port 28mm, lebar 38mm
cylinder head 9cc, diameter 54mm, nat 0,4mm, squis 7mm, sudut 14 derajat
reed valve std, stoper 11mm
karburator std
main jet 110, pilot jet 17,5, main air jet 0,4mm
needle jet & jet needle std
porting di inlet crankcase ke arah transfer port
knalpot std lurusin stinger ke silincer, diameter stinger 20mm
final gear 14 35
pengapian std

result ; 1st 40km/h, 2nd 70km/h, 3rd 110km/h, 4th 130km/h lebih dikit

f1ZR 1998
silahkan resep di coba

RamaDhot mengatakan...

@ EM Rukhin

Thanks gan info nya, semoga Force One ane bisa lari kenceng dari biasanya. .

Sol Invictus mengatakan...

Emang ini motor ngga ada matinya...salah satu legenda 2 tak Indonesia..

Anonim mengatakan...

mantap bro, tar gue coba dehhhhh

Anonim mengatakan...

salam kenal semuanya,,
gw juga penggemar berat FIZR, dari dulu baru kali ini bisa kesampaian..
gw mo tanya ma agan2 yg sudah pengalaman memakai bebek besi FIzR..
knalpot racing AHRS, klo beli baru apa sudah siap pasang, dan apa harus di apain dulu gtu biar suaranya marem,, gw baru beli AHRS kok perasaan bunyinya biasa aja,, tolong infonya gan,, makasih, salam kenal

Anonim mengatakan...

beli aja knalpot snd buat f1....
ajib.... suranya garing..

Anonim mengatakan...

bagaimana klo piston ganti punya rxs?????????
bsa gak?
kendalanya apa aja?

IAN mengatakan...

Kawan2 gw mau nanya nih!!!btw harga F1ZR di pasaran sekarang berapa ya???thanks

Unknown mengatakan...

sorry agan2 numpang nanya nih,,
klo force one saya larinya ampe 120km normal yah?
force one gua bisa nandingin satria 2 tak juga,,

ADE mengatakan...

TERHARU JUGA CERITANYAAA BROOOO.... SALAM KENAL DARI ADE F1ZR LOVERS PADANG

Anonim mengatakan...

fizR emg ok bgt brooo,,,
msin d modif dkit jha utdah bsa ngalahin mtor eang CC150 atau mtor eang lgi ngtreand krank thu...
dri gua slam knal smua ea...

Anonim mengatakan...

nawan
tambah cinte ssama motor f1zrsaya drumah..

Anonim mengatakan...

beh gak sia" saya beli F1ZR seharga "2,4jt"
tapi kendala di lari, gigi motor saya tuh minta nya cpet" bgt, gigi 3 aja baru 40Km/jam-an, mentok saya sih ngalaminnya ngeden 80Km/Jam (gigi 4)
kira" biar ajib larinya gimana tuh ya, biar 80Km/jam itu gak ngeden, minta pencerahan dong..

Thanks brothers F1ZR, di tunggu pencerahannya ^^

Anonim mengatakan...

kalo ane Yamaha Force One nya sampe 130kmh+ bro, tp sayang jalanannya rame. Kondisinya standart, cuman oversize 0,2 mm

Anonim mengatakan...

salam f1zr mania
q jg penggemar f1zr bro n pnya yg thn 2000..
motor q standar poll..
q mo tnya knp motorq klo jln pelan da suara nguk-nguk di mesin tp klo ditarik ilang tuh nguknya
mhon blsan dr tmn2 pecinta f1zr..

Anonim mengatakan...

^
coba bawa ke bengkel dulu mas bro, biar dicek, itu suara mesn atau stang seher yang bermasalah, takutnya stang sehernya perlu diganti.

Anonim mengatakan...

Salam F1ZR,
Motor Ane F1ZR tahun 1997, mau nanya knp setiap keujanan baik jalan atau lg parkir atau lg cuci semprot pasti mati ( cop busi + Busi Kondisi baru and rapet sampe di isolasi sampe kabelnya ) solusi selama ini parkir di pas kipas outdoor ac selama 15 menit trus hidup lagi deh, susahnya kalo engga nemu outdoor ac mau ganti busi sampe 4 busi engga ngaruh. info tambahan nih motor ane pelihara karena msh tembus 130km/jam lebih (kondisi standar). thxs

Anonim mengatakan...

Salam pecinta F1ZR
ane jga pemilik f1zr thn 04.
Top speed xmpe 120,mesin standar.. Yg mw dtxa akhir" ni klo mw oper persneleng ska rda susah,kalo mw ke 2, hrus dsenggol dlu ke blkang.Bgtu jga dngan 3. Minta saranx ya!!

Unknown mengatakan...

hy k0munitas fizr
Aku mau tanya ni knpa fizr ku terasa geter banget sama karbu.nya berkeringat,m0hon jawbanya ya

Anonim mengatakan...

mantap juga masbrooo...!!ane mau naya nih,ada yang mau jual spul,cdi,magnet racing? buat f1zr ane gan biar tembus 150 km/jam

Anonim mengatakan...

wah manteb, tuh.
tp klo boleh curhat, motor saya dah gk kpake 1/2 tahun. sblum sya pake, dah pasti q ganti olmes + olsamnya. larinya emang bisa kenceng ampe 125 lebih. saking senangnya, saya pake geber2an ma jupiter. eh ternyata, bsok sekernya pecah.

kok bisa ya....????
ada yang tahu solusinya gk???

none mengatakan...

buat yang motor f1 sampe f1zr yg suka mati abis dimandiin ato kehujanan, itu penyebabnya cuma satu, solderan dibelakang kunci kontak ente basah, makanya jadi konslet n mati tuh motor, solusinya klo ane sie tak sealat aja tuh solderanya...
sampe skarang ga masalah sie..
motor ane f1zr 97

Unknown mengatakan...

ya

Unknown mengatakan...

Gan. Mohon info nya,,ane punya force one '94,,rem dpan msih rem tromol..nah,ane mau ganti rem disc,,kra2 apa aja yang harus ane ganti dan tmbahin,,

EM Rukhin mengatakan...

@yogo nurul
bawa aja kebengkel bro, nanti terima beres.
lebih bagusnya lagi pelek depan itu ganti aja yg sudah ada dudukan cakram, jadi lebih kuat dibanding modifan tromol. untuk biaya kurang lebih 200rb-an

Unknown mengatakan...

Itu perlu ganti shock depan ya,,yang ada dudukan cakram nya??

Unknown mengatakan...

Itu shock depan perlu di ganti ya??brpa gnti shock dpan yang ada dudukan cakram??

EM Rukhin mengatakan...

Iya, tabung shocknya saja yg perlu diganti, untuk dudukan cakram.

Unknown mengatakan...

Terimakasih bamget gan infonya,,harga tabung shock kira2 brp ya??salam ForceOneZR bangka

EM Rukhin mengatakan...

kalo untuk harga tabung shock kurang paham, beli 2nd aja biar lebih murah.

Unknown mengatakan...

tolong gan>>carikan ane tabung shock depan<kalo ada info,,

Unknown mengatakan...

maaf mas numpang nanya kalo yamaha force 1 gigi tiganya kurang nyambung gimana ngakalinnya y mas? jdi kalo ngoper dari gigi 2 ke 3 itu kaya ngoper ke gigi 4 jadi motornya mengok begitu trus klo ngoper dari 3 ke 4 itu kaya yg gk ngoper cuma beda sdikit lah dari gigi 3 ke 4 tuh mas. tpi yg f1zr mh engga mas, mohon infonya mas tq..

Unknown mengatakan...

F1zr emang ga ada matinya bro ane bawa sampe 110km/h aja masih oke hehe

Unknown mengatakan...

Ikut gabung ane bro

Anonim mengatakan...

Monggo mas bro..

Unknown mengatakan...

Gan F1Zr saya sudah hidup, juga saat di gasspoll gak ngerespon , respon nya lmbt kali , saat di bawa lari 2km gasspoll malah mati tolong bantuannya?

Anonim mengatakan...

@zedo walker
Klo motor susah hidup atau susah di starter, coba ganti oli mesin semi syntetic sae 20 w40, dan karburator di service/bersihin, MJ dan PJ coba di balikin ukuran standar dulu. Knalpot di bersihin keraknya (dibakar) agar

Anonim mengatakan...

@zedo walker
Klo motor susah hidup atau susah di starter, coba ganti oli mesin semi syntetic sae 20 w40, dan karburator di service/bersihin, MJ dan PJ coba di balikin ukuran standar dulu. Knalpot di bersihin keraknya (dibakar) agar kotoran bisa keluar jadi pembuangan bisa sempurna trus oli samping disetel yang pas jangan terlalu irit atau terlalu boros.
Kalau karbu setelan pas dan knalpot tidak nyumbat motor gak bakal mati mati.
Semoga sehat lgi motornya.

*oli mesin pakai shell atau castrol

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Makasih boss .. kalo aneh boleh minta saran tentang ganti soket + kiprok force one . Giman ya bagusnya ? Kan soket kiprok force one dengan F1Zr itu berbeda .. jadi mohon bantuannya .. tentang langkah mengganti nya

Unknown mengatakan...

Om mw tanya.. klo mesin gk idup klo di stater.. kenapa yah..?? Klo di engkol lancar jaya

Posting Komentar

Dilarang berkomentar "SARA"