03 Juni, 2009

Ganti Oli Samping setiap 588KM

Memang ada plus minusnya apabila kita memakai produk atau barang apapun, termasuk masalah yang satu ini (oli samping). semenjak pompa oli samping motorku mati, jadi kerepotan ngontrolnya, kapan oli samping diisi lagi? beberapa waktu yang lalu sempet ke bengkel untuk menanyakan harga pompa oli samping untuk YAMAHA F1ZR, tetapi harga yang ditawarkan cukup lumaya juga ( 120 ribu). akhirnya aku tunda dulu sampe nanti kalo ada sisa duit he..he.he . akhirnya harus pakai cara manual alias menghitung KM nya untuk tahu kapan saatnya mengisi oli samping. perlu waktu 1-2 bulan untuk menganalisa seberapa jauh habisnya oli samping ini. kalau pakai patokan hari sepertinya kurang efektif karena tidak setiap hari jalan jauh-jauh. jurus yang paling jitu saat ini yang memperhatikan KM di spedometer.

Nah untuk keperluan oli samping di motor ini (YAMAHA F1ZR) setelah aku perhatikan perlu dan wajib isi oli samping setelah jarak tempuh 588 KM, jadi kalau aku kalkulasikan setiap 2 minggu sekali harus beli oli samping, hi..hi.hi sedih juga sebenernya, tapi apa di kata aku sudah terlanjur jatuh cinta sama ini motor alias kepaksa ya akhirnya dirawat juga. Saat ini aku masih pakai oli Agip 2T Plus selain harga terjangkau untuk urusan mesin juga OK, suara mesin halus tidak terlalu berisik dan yang penting tidak terlalu banyak kerak di seher. untuk masalah asap kalau mesin sudah panas hampir tidak ada asap alias tipis, biarpun tidak sewangi oli VISTRA tapi lumayan bisa hemat di kantong.



Mungkin kalau ada rekan-rekan Force One yang punya pompa oli samping tidak kepakai boleh aku ganti tapi jangan mahal-mahal ya????

9 Komentar:

Anonim mengatakan...

terimakasih ya, telah berbagi pengalaman.

IAN mengatakan...

BRO BTW GIMANA SIH CARA MENCAMPURKAN OLI SAMPING KE TANGKI BENSIN???UKURANNYA BERAPA ATAU PERBANDINGANNYA??MISALKAN GW ISI BENSIN 1 LITER,,KIRA2 OLI SAMPINGNYA MESTI DI KASIH BERAPA TAKERANNYA??

Handy Gunawan mengatakan...

salam kenal pecinta F1ZR, saya pake Yamaha F1Z thn 1994, mau bantu aja nih bro AN.kalo untuk campur sendiri perbandingannya sih 1:30 jadi tuh 1 Liter bensin itu kira2 33ml.. jadi kalo isi 3 Liter ya oli sampingnya 100ml.

mw share aja.. saya pake oli samping Shell Advance.. tarikan gas lebih enteng... asap juga ga banyak... tapi info sekarang2 ini udah 2bulan oli shell udah ga wangi lagi.. karena formulanya ada perubahan + botolnya udah lebih kecil lagi.. tapi saya tetep pake shell, untuk ngejaga mesin tetep bersih aja.. ga terlalu berkerak.. soalnya saya servis itu bisa 1tahun sekali bahkan bisa lebih.. tapi sebulan sekali saya usahakan isi shell yg Super full tank.. untuk ngebersihin karburator aja.... sekian,.. salam F1ZR

heri mengatakan...

wah,, yang penting gak gonta ganti kan ya

Anonim mengatakan...

Mas, Saya ada pompa oli F1zr tapi KW...
masi baru, belum kena oli samping.
minat?
hubungin aja 0856 93 4000 39.

Gank-Zone Blog mengatakan...

Oli samping itu dicampurin sendiri tah mas? Apa ditaruh ditempat khusus?

Anonim mengatakan...

Ya dicampur saat isi bensin, satu liter perbandingan satu botol minyak kayu putih yg sedeng.

Eko budiari mengatakan...

saya dulu pertama x punya motor 2 tak rasanya seneng bngt.....tapi q sekarang pengen motor laki..

dadonie donleepon mengatakan...

ada yg mo jual mesin f1zr ga boss

Posting Komentar

Dilarang berkomentar "SARA"