Lanjut lagi mas bro untuk mengenal lebih dekat lagi njeroan
motor kesayangan kita Yamaha F1ZR alias motor 2 stroke (2 tak), artikel ini
bersumber dari motomodif-world.blogspot.com. semoga bertambah lagi wawasan atau
pengetahuan tentang mesin 2 tak. Kalau sudah tahu alur mesinnya bisa untuk belajar
korek mengorek mas bro…
Langkah kompresi dan langkah hisap
Pada langkah ini dalam motor 2 tak terjadi 2 aksi berbeda
yang terjadi secara bersamaan yaitu aksi kompresi yang terjadi pada ruang
silinder atau pada bagian atas dari piston dan aksi hisap yang terjadi pada
ruang engkol atau pada bagian bawah piston.
Sedangkan yang terjadi dalam langkah ini adalah :
- Torak
bergerak dari TMB (titik mati bawah) ke TMA (titik mati atas).
- Pada
saat saluran pembiasan tertutup mulai dilakukan langkah kompresi pada
ruang silinder.
- Pada
saat saluran hisap membuka maka campuran udara dan bensin akan masuk ke
dalam ruang engkol.
Langkah usaha dan buang
Dan pada langkah ini terjadi langkah usaha dan buang yang
terjadi pada saat yang tidak bersamaan, jadi langkah usaha dahulu barulah
setelah saluran pembiasan dan saluran buang terbuka terjadi langkah buang.
Yang terjadi dalam langkah ini adalah :
- Sebelum
piston mencapai TMA (titik mati atas), busi akan memercikan bunga api
listrik sehingga campuran udara dan bahan bakar akar terbakar dan
menyebabkan timbulnya daya dorong terhadap piston, sehingga piston akan
bergerak dari TMA (titik mati atas) ke TMB (titik mati bawah).
- Sesaat setelah saluran hisap tertutup dan saluran bias serta saluram buang membuka maka campuran udara dan bahan bakar yamg berada diruang engkol akan mendorong gas sisa hasil pembakaran melalui saluran bias ke saluran buang.
Begitulah kinerja mesin 2 tak, kenapa motor 2 tak itu
tarikannya bisa gahar, karena proses geraknya tidak serumit motor 4 tak.
Sumber :
http://motomodif-world.blogspot.com/2009/01/langkah-kerja-motor-bensin-2-tak.html